Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara "Menjual Diri" yang Disarankan Saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 26/01/2015, 09:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Penting saat wawancara kerja untuk menunjukan kemampuan Anda kepada calon pengguna (user) yang mewawancara Anda. Tanpa disadari, kerap kali kesan yang disampaikan bukannya  menunjukkan kelebihan, malah pribadi Anda yang sombong lebih menonjol. Oleh karena itu, penulis, politisi, sekaligus pembawa berita asal Inggris, Karren Brady membagikan tip untuk 'menjual diri' Anda agar terhindari dari hal yang tidak diinginkan saat wawancara kerja:

1. Jangan ragu "menjual diri".
"Tak ada salahnya untuk lebih menjual diri dengan cara menyatakan segala kemampuan yang Anda miliki serta jangan ragu menunjukan mengapa pewawancara patut menginginkan Anda. Wajib untuk menjadikan Anda sebagai kandidat terbaik," ujar Brady.

2. Harus percaya diri dan meninggalkan kesan tersendiri.
Menurut Brady, waktu wawancara sangatlah singkat. Maka Anda sangat perlu untuk berlatih sebelum wawancara agar terdengar lebih alami. Miliki tiga poin utama yakni, atusias, dapat dipercaya atau diuji, dan ambisi. Jika ada salah satu kemampuan yang Anda banggakan, jangan malu untuk membawanya saat wawancara kerja. Dengan demikian kesan percaya diri akan melekat pada sosok yang mewawancarai Anda.

3. Pemilihan kalimat yang tepat.
Jangan sampai ketika terlalu antusias menunjukan kemampuan, Anda tak sadar bahwa nada suara serta kalimat yang terucap berubah menjadi arogan. Cobalah berlatih dan lebih cermat dalam pemilihan kalimat. Susunan kalimat sopan, rendah hati, namun tetap menunjukan keunggulan Anda sangat disarankan. Misalnya: "Saya rasa perusahaan Anda akan lebih maju dengan..." atau "Hal yang paling membanggakan bagi saya adalah...". Hindari cerita bertele-tele tentang keberhasilan atau pencapaian Anda.

4. Kenali diri lebih baik lagi.
Dalam wawancara kerja, ada baiknya menunjukan kemampuan diri lewat contoh nyata yang diucapkann orang lain, seperti "Atasan saya atau teman-teman saya berkata bahwa saya...". Hal tersebut akan mendorong perekrut untuk mengetahui Anda lebih dalam lagi.

Selamat mencoba!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com