Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Simak Manfaat Kaldu untuk Kecantikan Kulit Wanita

Kompas.com - 26/01/2015, 10:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

 

KOMPAS.com - Kaldu yang terbuat dari sari tulang ayam maupun sapi, lebih sering dimanfaatkan untuk memasak beragam makanan berkuah agar tercipta aroma dan rasa khas yang menggugah selera. Namun, tahukah Anda bahwa kaldu yang berasal dari tulang ini pun memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kulit Anda?

Menurut Dr Frank Lipman, seorang pakar kedokteran integratif dan fungsional, kaldu tulang terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi setiap aspek di dalam tubuh Anda. Sebab, kaldu tulang mengandung gelatin dan kolagen. Kedua komposisi tersebut sangat bermanfaat bagi kulit.

"Kaldu tulang dapat menutrisi jaringan epidermis, dermis, dan lapisan yang mendasari jaringan ikat kulit dari dalam ke luar dengan kolagen dan elastin serta membantu memperhalus garis pada kulit dan menyembuhkan luka pada kulit," ujar dr Lipman.

Lebih lanjut, dr Lipman mengungkapkan, kaldu tulang juga kaya akan mineral, seperti kalsium, magnesium, potasium, silikon, sulfur, dan fosfor. Beberapa mineral tersebut kerap kali luput dari tubuh Anda saat Anda menjalankan diet. Bila asupan mineral tersebut secara proporsional trerkandung di dalam tubuh Anda, kulit Anda pun senantiasa cerah, sehat, dan bebas dari masalah kulit kering.

"Selain itu, glukosamin, kondroitin, kolagen, dan gelatin yang terkandung dalam kaldu tulang merupakan nutrisi penting untuk menjaga tulang dan mengurangi pembengkakan kulit. Berkurangnya risiko pembengkakan sangat bermanfaat bagi kulit, apalagi jika Anda memiliki masalah kulit, misalnya jerawat," jelas dr Lipman.

Dr Lipman menyarankan, Anda mengonsumsi sup kaldu setidaknya segelas dalam sehari. Anda dapat meminumnya atau mencampurkannya ke dalam masakan Anda. Dr Lipman menjelaskan, campuran kaldu dengan sejumput garam, daun parsley, atau rumput laut dapat Anda jadikan alternatif formula untuk mempercanik kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com