Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2015, 15:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Sejak tahun 2010, photobooth dalam suatu resepsi pernikahan, bukan menjadi hal yang asing lagi. Tak jarang, para tamu juga menunggu kehadiran photobooth untuk mengabadikan pesta pernikahan kerabat atau sahabat. Seiring waktu, bentuk photobooth kian bervariasi dan menarik. Tak terkecuali, foto yang dihasilkan. Kini telah hadir sebuah inovasi terbaru yang dapat memunculkan hasil foto tiga dimensi. Vendor foto Moussax mengkalim sebagai salah satu vendor penyedia jasa photobooth pertama di Indonesia yang menghadirkan hasil foto 3D untuk keperluan pesta atau acara besar lain. 

Ditemui pada acara Gebyar Pernikahan Indonesia, di Balai Kartini (24/1/2015), Handy selaku pendiri dari Moussax, mengatakan bahwa selain hasil foto yang biasa atau 2D, kini hasil foto 3D atau timbul, dapat menjadi alternatif pilihan siapapun. Di Moussax sendiri, foto 3D dibagi menjadi dua jenis, yakni pop out dan pop card. Foto pop out adalah hasil foto 3D yang dibuat sedemikian rupa hingga berefek timbul. Sedangkan foto pop card, lebih berbentuk seperti kartu ucapan, yang jika dibuka, maka akan muncul objek foto yang berdiri tegak secara vertikal. Menarik!

Handy menjelaskan, "Baik foto biasa, foto pop out, maupun pop card memiliki waktu, cara pengerjaan, dan tentunya harga yang berbeda. Jika pada foto biasa waktu cetak yang diperlukan hanya 20 detik, dan hanya membutuhkan 1 fotografer, maka harga yang dibandrolpun lebih murah, yakni dari kisaran harga 2-5 juta rupiah, untuk hasil foto tak terbatas."  Sedangkan menurut Handy, jenis foto pop out, otomatis memilki pengerjaan yang lebih rumit. Teknik pemotongan secara manual yang teliti sangat dibutuhkan. Harga yang dibanderol pun lebih mahal, yakni 6-8 juta rupiah untuk hasil tak terbatas. Diantara berbagai jenis foto 3D ini,  pop card lah yang paling istimewa. Memerlukan waktu kurang lebih 2 menit, serta 8 asisten dan fotografer, pop card dibanderol dengan harga 15 juta rupiah untuk hasil tak terbatas. Namun jika dilihat lagi, wujud yang dihasilkan sangat setimpal, karena bentuknya yang berbeda, unik, dan menggemaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com