Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Peningkatan Karier? Jangan Salah Pilih Pasangan

Kompas.com - 27/01/2015, 15:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com — Bagi para karyawan kantoran, mendapatkan promosi jabatan dan kenaikan gaji merupakan ambisi sekaligus prestasi yang membanggakan. Ternyata, selain kemampuan dan kecerdasan, karakteristik pasangan juga memengaruhi kinerja Anda di tempat kerja. Mengapa demikian?

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh Association for Psychological Science menganalisis karakteristik pasangan yang telah menikah. Tujuannya untuk mengetahui ciri kepribadian apa yang dimiliki Anda dan pasangan yang dapat mendongkrak prestasi kerja.

Dalam penelitian itu, para peneliti mengumpulkan data dari 4.554 orang responden yang telah menikah minimal selama lima tahun. Dalam tahun pertama pernikahan, para partisipan melaporkan bagaimana mereka menilai kepribadian seperti ketelitian, neurotisme, keramahan, dan keterbukaan mereka dan pasangan. Kemudian, untuk empat tahun berikutnya, mereka melaporkan kepuasaan mereka terhadap pekerjaan, pendapatan, dan promosi jabatan.

Lalu, peneliti pun mencari tahu tentang ciri kepribadian apa sebenarnya yang paling berkaitan erat dengan kesuksesan dalam pekerjaan? Ternyata, para peneliti menemukan bahwa ketelitian paling terkait dengan kesuksesan kerja. Para peneliti melaporkan, partisipan yang memiliki pasangan yang teliti memiliki kepuasan yang lebih tinggi terhadap pekerjaan dan pendapatan mereka.

Selain itu, partisipan yang memiliki pasangan yang teliti pun memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk naik jabatan. Sebenarnya, hal ini berkaitan dengan fakta yang menyatakan bahwa mereka yang mengaku sebagai orang yang teliti ditemukan memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi terhadap pekerjaan dan pendapatan mereka. Alhasil, mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk naik jabatan.

Adapun partisipan yang memiliki sifat ekstrover, ramah, dan teliti dilaporkan memiliki kepuasan yang tinggi terhadap pekerjaan mereka. Namun, menurut para peneliti, kunci sukses sebagai karyawan adalah memiliki prinsip dan tidak selalu setuju dengan atasan yang sarannya bisa merugikan perusahaan. Sebab, orang yang selalu berkata “ya” malah lebih sulit untuk naik jabatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com