Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2015, 15:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Semua orang mungkin sudah tau bagaimana karakteristik gigi yang sehat. Tidak berlubang, tidak berkarang, dan tidak memiliki masalah gigi lainnya dapat diidentifikasikan sebagai gigi sehat. Namun, ketika berbicara mengenai karakteristik gigi cantik, agaknya masih banyak yang rancu, bagaimana sebenarnya seseorang dapat digolongkan memiliki gigi yang cantik atau tidak. 

Bertemu dengan drg. Hilly Gayatri, DDS di acara jumpa pers Close Up Diamond Attraction, Blowfish, Gatots Subroto, Jakarta (27/1/2015), Kompas Female menanyakan dokter gigi yang sudah berpengalaman selama 29 tahun sebagai dokter gigi spesialis kecantikan (cosmetic dental expert) ini, bagaimanakah krtiteria gigi seseorang dapat dikatakan cantik atau tidak. 

Menurut Dokter Hilly, cara termudah adalah dengan melihat kurva giginya. "Jika seseorang senyum, bibir bawahnya kan melengkung. Nah, kalau giginya itu mengikuti garis lengkung bibir bawah tersebut, maka gigi orang tersebut bisa dibilang cantik." Dokter Hilly juga menjelaskan kurva yang ia sebut dalam artian gigi depan seseorang lebih panjang sedikit dari gigi sampingnya, dan kemudian, gigi samping terus memendek sedikit sampai keujung sehingga membentuk suatu kurva atau lengkungan yang mengikuti garis senyum bibir bawah. 

Untuk bentuk gigi, Dokter Hilly mengatakan, kalau bentuk gigi ramping atau persegi panjang ternyata memiliki efek untuk membuat tirus wajah seseorang, maka tak heran banyak orang yang datang ke kliniknya untuk meminta "dirampingkan" giginya. "Lebar gigi itu tak akan pernah berubah, lebar gigi itu pasti 70 persen dari panjangnya. Tetapi panjang gigi bisa berubah karena faktor gigitan seperti saat megunyah makanan," Dokter Hilly kemudian mengatakan, jika seseorang memiliki wajah lebar, gigi lebar, dan rahang lebar, sebenarnya hal ini dapat dibantu dengan menyempitkan rahang dan merampingkan giginya agar tampilan wajah terlihat lebih tirus. "Maka dari itu saat senyum cobalah untuk menempatkan lidah kebagian atas langit-lagit mulut agar wajah terlihat lebih tirus saat tersenyum," tambah Dokter Hilly.

Anda termasuk memiliki gigi cantik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com