Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesehatan, Kecantikan, dan Kebahagiaan, Mana yang Penting?

Kompas.com - 29/01/2015, 15:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Banyak resolusi yang ingin dicapai pada tahun 2015 ini. Beberapa wanita menginginkan penampilan yang lebih cantik. Ada pula beberapa yang ingin tahun 2015, dapat dilalui dengan fisik yang sehat dan bugar. Namun, banyak juga di antara kita yang tidak ingin kedua hal itu, tetapi hanya ingin bahagia. Sebenarnya, dalam kehidupan ini mana yang lebih penting.


"Sebenarnya orang Indonesia itu happy. Pada dasarnya ini nature kita, karena kita dianugerahi kekayaan alam, keindahan, cuaca yang selalu baik," ujar Wulan Tilaar, Vice Chairwoman Martha Tilaar Group pada acara peluncuran produk H2 Healthy and Happiness di Bistronony Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Menurut Wulan, setiap wanita pasti ingin tampil cantik. Namun demikian, kata dia, kecantikan yang sesungguhnya tidak hanya dari tampak luar, tapi juga dari dalam yang kemudian terpancar dalam penampilan dan perilaku.

Pada kesempatan yang sama, dokter spesialis nutrisi dan kecantikan, Dr Med dr Maya Surjadjaja M.Gizi SpGK, mengungkapkan bahwa kecantikan, kesehatan, dan kebahagiaan merupakan tiga hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Sebab, ketiganya merupakan sebuah kesatuan yang membentuk penampilan dan diri wanita seutuhnya.

Meskipun demikian, kecantikan, kesehatan, dan kebahagiaan dapat secara perlahan terkikis oleh usia yang semakin lama semakin bertambah. Oleh karena itu, wanita memerlukan upaya yang mampu membantu dirinya tetap tampil prima meski usia sudah tidak lagi belia.

"Tidak mungkin kita cuma mau beauty tapi tidak happy atau beauty tapi tidak healthy. Makanya, ini yang membuat saat ini belakangan banyak klinik estetik atau anti aging. Namun, anti aging itu bukan gerakan yang anti terhadap penuaan, namun tindakan prevention terhadap penuaan," jelas dr Maya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com