Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2015, 16:00 WIB
Alvin Dwipayana

Penulis

Sumber


KOMPAS.com –
Penampilan seorang pria saat mengenakan setelan jas memang begitu menggoda. Apalagi jika pasangan tercinta yang mengenakannya. Untuk mendukung penampilan pasangan Anda jadi yang terbaik saat mengenakan setelan jas, coba praktikkan cara berikut:

  1. Kenakan aksesori jam tangan.

Jika pasangan Anda menghadiri pertemuan formil, "Kenakan aksesori jam tangan jika Anda akan menandatangani sebuah berkas penting," ujar Lloyd Boston, NBC Style Correspondent sekaligus penulis buku Make Over Your Man. Menurut Lloyd, pemakaian jam tangan saat mengenakan setelan jas ketika mengajukan lamaran, menandatangani surat, atau berjabat tangan dengan klien potensial akan menimbulkan kesan bahwa pasangan Anda merupakan seorang pria yang memiliki selera serta tipe yang tepat waktu. Paling tidak, trendi dalam soal bergaya.

  1. Jika terkena noda, segera bersihkan setelan jas dan tidak lebih dari 48 jam.

"Berlaku untuk semua jenis material jas," ujar Steve Boorstein, penulis buku The Ultimate Guide to Shopping and Caring for Clothing.  "Jika tidak, noda akan lengket menempel," tambahnya.  Sarankan pasangan Anda untuk melakukan dry-clean pada setelan jas sebanyak dua hingga tiga kali dalam setahun. Ini juga berguna agar setelan tersebut bisa lebih lama digunakan. "Pasangan Anda juga bisa mengecek apakah ada noda yang muncul (biasanya pada daerah lipatan) akibat terlalu lama disimpan."

  1. Kancingkan jas saat tidak dikenakan.

Jika Anda bertugas untuk menyimpan setelan jas pasangan agar selalu tampak rapi, coba kancingkan jas saat menggantung dalam lemari. "Untuk menghindari bentuk jas atau lipatan yang tidak karuan saat disimpan, kancingkan jas saat digantung," ujar Brian Boye, fashion director Men's Health. "Jika jas yang ingin disimpan memiliki lebih dari satu kancing, boleh saja tidak semuanya dikancing. Asal tidak membiarkan setelan jas tidak terkancing sama sekali."

  1. Buat lebih halus beberapa bagian penting pada jas.

Meski pasangan Anda kerap membawanya ke gerai cuci pakaian untuk dibersihkan, pastikan kalau area dekat kancing dan kerah adalah bagian yang perlu dibuat lebih halus (press). "Jika Anda bisa meminta tempat cuci pakaian Anda untuk membuatnya lebih halus akan lebih baik. Jika sudah terlihat tidak berkerut, Anda tetap bisa memberi kesan rapi meski kerah dalaman Anda sebenarnya tidak juga terlalu mulus," ujar Clint Greenleaf, penulis buku A Gentleman's Guide to Appearance.

  1. Kenakan dasi tanpa harus mengikuti dresscode.

Baiknya pasangan Anda juga harus memberi impresi lebih lewat penampilan. Bahkan penampilan yang memberi kesan kalau pasangan Anda cukup potensial sebagai pemimpin. "Itulah kenapa sebuah dasi dapat memberi dampak positif dari pemakainya", ujar Lloyd. "Dengan memasangkan dasi pada setelan jas, pasangan Anda akan memiliki kelas tersendiri, menginspirasi banyak orang dan biarkan siapa pun yang pasangan Anda temui merasa kalau dirinya benar-benar memperhatikan detail," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com