Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cokelat Masih Jadi Hadiah Favorit di Hari Kasih Sayang

Kompas.com - 13/02/2015, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang akan segera hadir pada 14 Februari mendatang. Bagi para pasangan, Hari Kasih Sayang adalah sebuah momen penting untuk merayakan dan mengungkapkan kasih sayang satu sama lain. Salah satu caranya adalah dengan memberikan hadiah atau menghabiskan waktu bersama dalam suasana romantis.

Selain bunga mawar, hadiah yang paling digemari oleh para pasangan untuk diberikan di Hari Kasih Sayang adalah cokelat. Hadiah berupa cokelat biasanya dikemas dalam kotak ataupun  ragam hiasan yang apik dan menarik. Menurut Ria Rianti, Brand Manager Cadbury Indonesia, menjelang Hari Kasih Sayang, cokelat dengan tema khusus Valentine memiliki banyak peminat. Ini terlihat dari meningkatnya penjualan produk cokelat menjelang Hari Kasih Sayang tiba.

"Kalau dari survey dan penelitian kami, puncak permintaan yang paling besar adalah menjelang Hari Valentine tiba. Kalau berapa angkanya, saya masih belum mendapat angka pasti, namun terjadi peningkatan penjualan dua kali lipat untuk cokelat yang dipasarkan," ujar Ria kepada KompasFemale beberapa waktu lalu di Jakarta. 

Ria menjelaskan, pada dasarnya produsen cokelat tidak memiliki strategi branding khusus terkait momen Valentine. Cadbury sebagai salah satu produsen cokelat terkemuka Tanah Air selalu mengedepankan konsep keriaan atau kebahagiaan. Menurut Cadbury, cokelat merupakan salah satu pembawa rasa bahagia bagi setiap orang. 

Lalu, bagaimana dengan teknik pemasaran menjelang Hari Valentine yang sebentar lagi tiba? Menurut Ria, tidak ada perbedaan yang signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Cadbury hanya mengharapkan kalau momen Valentine akan semakin sempurna dengan kehadiran cokelat di tengah-tengah kebahagiaan. Selain hadir untuk pasangannya, para konsumen juga diharapkan menikmati kehadiran cokelat saat menikmati momen penuh cinta. 

"Untuk pemasaran, tim Cadbury tidak terlalu banyak mengandalkan strategi beriklan, meskipun di televisi kadang masih terlihat. Khusus untuk momen Valentine kali ini, saya dan tim akan lebih  memanfaatkan media sosial. Kita ingin merangkul market lebih banyak lagi lewat pengguna teknologi digital yang sekarang memang sedang ramai bertambah," terang Ria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com