Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Langkah Mudah Agar Hasil Cukur Bertahan Lebih Lama

Kompas.com - 14/02/2015, 17:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com – Terapis kecantikan selebriti serta ahli kulit dari Venus, Nathalie Eleni, menjelaskan ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan sebelum, saat dan sesudah bercukur, agar kulit terasa lebih halus, dan hasil cukuran bertahan lebih lama. Berikut tip yang disarankan:

1. Gunakan scrub garam sehari sebelum bercukur untuk mengangkat kulit mati, dan rambut kecil yang berada dalam kulit. Srcub kulit dengan gerakan melingkar. Jika kulit Anda adalah tipe sensitif, cobalah untuk melakukan scrub dengan sarung tangan. 

2. Mandi atau berendam selama maksimal 15 menit. Hal ini akan memudahkan proses pencukuran sebanyak 60 persen. Sedangkan mandi lebih dari 15 menit akan membuat kulit berkeriput dan mengembang. Hasil cukuran tak akan nampak bagus dan halus. 

3. Gunakan sedikit gel bercukur yang kaya akan pelembab. Ingat, hindari menggunakan busa sabun, karena selain akan membuat pisau cukur tumpul, juga akan membuat kulit kering dan sulit untuk dicukur. 

4. Pilih alat pencukur yang steril dan handal. Tak ada salahnya membeli pencukur yang agak sedikit lebih mahal, namun memiliki hasil cukur yang jauh lebih baik.

5. Ganti pisau cukur Anda setelah 10 kali pemakaian. Hal ini akan menghindari kulit dari iritasi, dan lebih nyaman saat bercukur. Ciri pisau cukur yang sudah harus diganti adalah ketika pisau cukur tersebut sudah mulai tumpul dan tak nayaman untuk digunakan. 

6. Lakukan proses bercukur dengan lembut, berikan tekanan sedikit pada area yang dibutuhkan.

7. Bilas bagian yang telah selesai dicukur dengan menggunakan air, dan keringkan tanpa menggosoknya terlalu keras dengan handuk.

8. Selesai bercukur cobalah untuk menggunakan body atau baby oil yang tidak mengandung pewangi buatan. Jika dibutuhkan, Anda bisa menggunakannya setiap sore hari, agar kulit terjaga kelembapannya. 

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com