Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Wanita, Pria Pun Cemas dengan Bentuk Tubuhnya

Kompas.com - 17/02/2015, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Para wanita kerap kali merasa tidak nyaman atau khawatir dengan bentuk tubuhnya yang dirasa kurang menarik. Namun, siapa sangka, sebuah survei menemukan bahwa sebagian kaum pria pun merasakan kecemasan yang sama dengan para wanita tentang bentuk tubuhnya. 

Jamie Dornan, aktor pemeran tokoh Christian Grey dalam film Fifty Shades of Grey, misalnya, pun mengaku pernah merasakan kekhawatiran akan bentuk tubuhnya. Padahal, sebelum dikenal lewat film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karangan EL James tersebut, Jamie adalah seorang model busana dalam Calvin Klein.

"Saya rasa saya sama seperti pria lainnya. Saya memiliki kekhawatiran yang cukup besar terhadap penampilan fisik saya. Saya dulu sangat kurus, tapi saya menjalani banyak jenis olahraga. Saya berlatih rugby sangat serius namun selalu merasa kurus. Sekarang saya memiliki kekhawatiran yang sama seperti ketika masih kecil," ujar Jamie dalam sebuah wawancara. 

Baru-baru ini, survei yang dilakukan oleh Transform, penyedia layanan operasi plastik di Inggris menyimpulkan dari hasil yang mereka buat bahwa kaum pria memang merasakan kekhawatiran akan bentuk tubuhnya. Ada beberapa bagian tubuh yang betul-betul diperhatikan oleh pria, namun sebagian besar pria dikabarkan merasa terobsesi dengan torso mereka, dengan persentase 31 persen. 

Menurut para responden, bentuk tubuh cenderung kekar adalah tampilan fisik yang paling penting bagi para pria. Sementara itu, 35 persen pria malah menyatakan bahwa torso adalah bagian tubuh yang paling mereka benci. Laporan lain menyatakan bahwa di Inggris, sejak tahun 2009 terjadi peningkatan jumlah operasi reduksi bentuk dada di kalangan kaum pria hingga dua kali lipat. 

Survei yang dilakukan oleh Transform tersebut juga menemukan bahwa para pria cenderung merogoh kantong lebih dalam ketimbang para wanita untuk produk dan layanan perawatan tubuh guna memperbaiki penampilan mereka. Hampir 20 persen responden pria mengatakan bahwa mereka pernah atau tengah mempertimbangkan untuk melakukan operasi plastik.

Produk dan layanan perawatan tubuh bukan hanya operasi plastik, namun yang sederhana dan sering dilakukan, seperti keanggotaan di pusat kebugaran (gym), membeli ragam produk perawatan, dan sebagainya. Adapun 15 persen responden pria mengatakan bahwa penampilan adalah prioritas utama dalam hidup mereka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com