Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Salon di Indonesia, dari Empat Tipe Salon Berikut Ini

Kompas.com - 26/02/2015, 10:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com Salon kecantikan dan perempuan seperti dua hal yang tak dapat dipisahkan. Beberapa dari Anda mungkin dapat menghabiskan waktu berjam-jam dalam sebulan untuk melakukan perawatan di salon kecantikan. Faktanya, jumlah pelanggan salon di Indonesia berjumlah sangat kecil yakni hanya berkisar diangka 161.000 orang. Dengan jumlah pelanggan 51 persen dari SES A (masyarakat ekonomi mampu), 40 persen dari SES B (masyarakat ekonomi kelas menengah), dan 30 persen untuk SES C (masyarakat ekonomi kelas bawah)

Fakta ini disampaikan langsung di acara jumpa pers L'Oreal Foundation untuk program Beauty For a Better Life yang bertempat di Lotte Shopping Avenue, Jakarta (25/2/2015). Pada kesempatan itu pula, dijelaskan bahwa salon di Indonesia sebenarnya terbagi menjadi empat jenis yakni:

1. Salon kelas A: dikenal sebagai salon premium, menawarkan treatment, tektur dan pewarnaan rambut, yang memiliki pendapatan rata-rata sebesar 18 persen.

2. Salon kelas B:  biasanya berlokasi di pusat perbelanjaan, dengan perawatan creambath, pelurusan dan pewarnaan rambut, yang memiliki pendapatan rata-rata 35 persen.

3. Salon kelas C: berlokasi di kawasan ruko, menawarkan jasa yang sama dengan salon tipe B. Dengan pendapatan rata-rata 31 persen.

4. Salon kelas D: berlokasi di komplek perumahan dan dianggap sebagai salon paling sederhana dibanding yang lainnya. Rata-rata pendapatan mencapai 16 persen.

Lebih lanjutnya, fakta juga menunjukan bahwa perempuan di Indonesia, rata-rata menghabiskan waktu di salon untuk menggunting rambut (89 persen), perawatan rambut seperti pemijatan (creambath) atau spa rambut (41 persen), cuci keringkan (34 persen), mewarnai rambut (12 persen), perawatan wajah (11 persen), mengubah tekstur rambut (8 persen). Sisanya perawatan kulit kepala dan tubuh, serta make up wajah hanya dilakukan oleh tiga persen perempuan saja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com