Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Menarik Budaya Memandikan Anak di Indonesia

Kompas.com - 26/02/2015, 21:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com –
Dalam acara jumpa media Johnson's "So Much More" yang diselenggarakan di The Hall, Senayan City, Jakarta (26/2/2015) dipaparkan beberapa fakta menarik mengenai saat mandi anak bersama orang tua. Tak disangka, aktivitas yang sederhana tersebut, dianggap oleh orang tua Indonesia sebagai momen quality time bersama anak.

Dari 302 responden orang tua di Indonesia, ternyata 96 persen diantaranya sangat menghargai waktu mandi anak, karena dianggap sebagai waktu mempererat hubungan dengan buah hati. Berdasarkan data tersebut, orang tua di Indonesia unggul ketimbang orang tua dari 80 negara lain.

Lebih lanjutnya, 80 persen orang tua mengatakan bahwa mandi merupakan aktivitas spesial bersama anaknya, 75 persen orang tua mengatakan memandikan anak adalah waktu bersenang-senang. Sedangkan 71 persen orang tua bahkan tau mau membawa gadget saat memandikan anaknya karena diasumsi dapat mengganggu quality time bersama anak mereka.

Namun sangat disayangkan bahwa rata-rata orang tua di Indonesia tak sadar bahwa kegiatan mandi sebenarnya memberikan stimulasi yang sangat penting bagi sang anak, khususnya stimulasi bagi perkembangan kognitif anak. Maka tak heran waktu mandi anak di Indonesia biasanya dilakukan dua kali dalam sehari dengan waktu maksimal 15 menit. Padahal di luar negeri waktu mandi anak bisa mencapai hingga 20 menit lebih.Tanpa Anda sadari, mandi bukan hanya sekadar membersihkan badan dari kuman saja, namun juga merupakan kegiatan sederhana yang dapat memberikan kenyamanan dan kebahagiaan anak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com