Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Rahasia Rempah dalam Resep Perawatan Tubuh Kuno Bali

Kompas.com - 27/02/2015, 08:33 WIB
advertorial

Penulis

Di balik setiap resep perawatan tubuh kuno Bali, tersimpan kisah sebuah keluarga.

Misalnya saja boreh, sebuah ramuan tradisional Bali yang dikenal akan efeknya dalam menghangatkan dan merelaksasi tubuh. Secara tradisional, boreh digunakan untuk merawat otot yang nyeri atau flu. Kita akan sering melihat bayi atau nenek dengan boreh di kulit mereka jika mereka merasa tidak enak badan. Bahan utama dalam boreh adalah beras, kencur,  lengkuas, cengkeh, dan pala—meskipun kita juga bisa menambahkan perpaduan rempah lainnya seperti kayu manis, kunyit, dan temu kunci.

-
Ramuan perawatan tubuh kuno Bali kaya akan minyak, tanaman obat, dan rempah, namun tujuh bahan ini adalah beberapa favorit kami. Memiliki tujuh bahan ini di dapurmu berarti kamu dapat menciptakan berbagai jenis scrub, olesan, pelembap, minyak pijat, atau minuman herbal.

1. Minyak kelapa adalah salah satu bahan yang harus kamu miliki. Masyarakat Bali menggunakannya untuk ratusan resepramuan perawatan tubuh dan kulit, karena minyak kelapa mengandung trigliserida rantai medium (salah satu kelompok lemak sehat)  anti-oksidan dan vitamin E. Minyak kelapa sangat baik untuk perawatan rambut, atau sebagai dasar untuk membuat scrub-mu sendiri maupun perawatan kulit lainnya. Minyak Kelapa juga efektif digunakan sebagai pembersih make-up dan membantu melawan penuaan dini. Kamu juga bisa meminumnya—karena ia baik untuk kesehatanmu. Dan, kau juga bisa memasak dengannya! Ada begitu banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari minyak kelapa, tak heran jika ini adalah salah satu bahan yang wajib ada di dapur orang Bali.

2. Mineral lempung (pure clay) adalah bahan penyerap yang baik—terutama jika kulitmu sering terpapar polutan setiap harinya. Campurkan bubuk lempung dengan air sampai ia mencapai konsistensi yang mudah diusapkan, lalu oleskan pada kulitmu. Kamu juga bisa melarutkan bubuk lempung di bathtub dan berendam di dalamnya, atau mencampurnya dengan sabun dan menggunakannya untuk mandi.

3. Kopi adalah scrub yang baik, dan kebaikan dari kopi Bali bukan lagi rahasia bagi banyak orang. Campurkan bubuk kopi dengan minyak kelapa atau cocoa butter—lalu lulur tubuhmu dengannya. Ini akan membantu sirkulasi darahmu sehingga baik untuk membantu menyamarkan selulit dan juga membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah matamu.

4. Kunyit adalah anti oksidan yang mengesankan yang bisa membantu Anda merawat kulit. Dengan meminumnya dapat membantumu membersihkan kulitmu dan menghilangkan kram perut saat tengah menstruasi. Kunyit juga punya khasiat sebagai anti-kanker.

5. Kumis Kucing dapat membuang racun dari ginjal dan saluran kencingmu. Ia juga mengontrol cairan empedu, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, juga baik sebagai anti pembengkakkan dan anti rematik. Kamu bisa meminumnya sebagai teh herbal.

6. Sereh dapat membantu pencernaan, karena dapat membunuh bakteri dan parasit di dalam perutmu. Kamu juga bisa meminumnya sebagai teh atau menghirup wanginya untuk mengembalikan stamina.

7. Jahe dapat menghangatkan tubuh. Ia menstimulasi peredaran darah, dan ketika diaplikasikan ke kulit, membantu melancarkan sirkulasi dan mencegah selulit.

Keajaiban dalam ramuan pengobatan Bali: minyak, tanaman herbal, dan rempah—sepertinya tak ada habisnya. Kita akan selalu bisa menemukan cara baru, khasiat baru, dan kombinasi baru setiap harinya.

-
Jika keajaiban tanaman dan ramuan herbal menarik hatimu, datanglah ke toko kami ketika kamu berada di Bali. Atau datanglah ke salah satu outlet kami, dengan senang hati kami akan berbagi lebih banyak tentang keajaiban di balik setiap rempah dan tanaman herbal yang bisa kamu temukan di dapur kamu. Silakan menyentuh, mencium, merasakan dan belajar tentang berbagai minyak nabati, rempah, dan tanaman herbal yang kami miliki, dan katakan kepada kami yang mana yang terasa paling nyaman untukmu.

Kami harap, kamu juga bisa menemukan kisahmu sendiri di balik tanaman herbal dan rempah favoritmu. (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com