Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Cantik dengan Teknik "Eyeliner" Sesuai Bentuk Mata

Kompas.com - 16/03/2015, 11:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -- Mengaplikasikan eyeliner untuk mempercantik sekaligus membuat bentuk mata lebih dramatis bukan perkara mudah. Sebab, Anda harus menyesuaikannya dengan bentuk mata Anda. Kathy Jeung, penata rias penyanyi Rita Ora menciptakan beberapa inspirasi gaya eyeliner untuk estetika mata.

Mata yang berbentuk asimetris biasanya terlihat lebih besar dibandingkan yang lain. Jeung menyarankan, menggunakan teknik yang dapat membantu memperbaiki dan menyeimbangkan kedua mata Anda. Gunakan liner kohl hitam sejajar dengan garis bulu mata, dari sudut dalam ke sudut luar. Jangan lupa untuk meningkatkan lebar di sudut luar agar mata terlihat lebar dan berukuran sama.

Untuk mata yang menyempit pada bagian sudut dalam, eyeliner harus dipulaskan dengan teknik supaya mata terlihat lebih lebar. Pertama, gunakan concealer pada bagian sudut dalam untuk "membuka" area tersebut. Kemudian, buatlah bentuk "V" menggunakan liner hitam pada sepertiga bagian sudut luar mata. Terakhir, buatlah bentuk seperti sayap tebal menggunakan liner cair jumbo.

"Untuk mata yang memiliki lipatan tunggal, gunakan pensil hitam kedap air di sepanjang garis bulu mata dari sudut dalam ke sudut luar dan berhenti di mana ujung mata berhenti. Anda juga bisa sedikit saja menebalkan bagian sudut luar," ujar Jeung.

Bentuk mata yang lebar, kata Jeung, sangat cocok untuk segala jenis tata rias mata. Anda yang memiliki jenis mata demikian, sebaiknya jangan ragu untuk berekspresi. Jeung sangat menyukai bentuk seperti mata kucing untuk mata yang lebar. Dengan pensil liner hitam kedap air, buatkah bentuk V kecil di sudut dalam mata. Kemudian, tegaskan garis dengan liner cair dan ciptakan seperti sayap di sudut luar.

"Untuk melebarkan bentuk mata yang kecil, aplikasikan perona mata berwarna abu-abu di lipatan mata. Kemudian, di sepanjang garis bulu mata, gunakan pensil kohl hitam. Ronakan dengan jari dan hias dengan eye shadow cokelat, tebalkan di bagian sudut luar. Di garis bawah bulu mata, ulangi gerakan dengan eye shadow coklat atau liner hitam. Terakhir, aplikasikan perona mata berwarna merah muda di bagian sudut luar lipatan mata," jelasnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com