Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2015, 21:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Dengan padatnya aktivitas sehari-hari yang menyita waktu dan tenaga, sesi bercinta bersama suami bisa jadi malah bukan hal yang Anda tunggu-tunggu lagi. Bagaimana tidak, tubuh yang lelah membuat Anda kadang merasa tidak punya tenaga tambahan untuk "bermain" dan memadu kasih bersama suami. 

Namun, ada baiknya Anda mulai untuk menjadwalkan rutin kembali bercinta bersama suami. Sebab, bercinta tidak hanya menambah kemesraan dalam pernikahan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan jasmani Anda. Menurut riset terbaru yang dipublikasikan pada Journal of Sexual Medicine, tidur yang cukup pun berpengaruh dalam kualitas bercinta Anda. 

Untuk mencari kesimpulan, para peneliti menganalisis 171 orang responden wanita selama 14 hari. Separuh dari jumlah responden memiliki pasangan yang telah menjalin hubungan dengan mereka selama rata-rata lebih dari dua setengah tahun. Selama periode penelitian, setiap hari saat para responden bangun tidur, mereka langsung mengisi kuesioner tentang kehidupan seks mereka selama 24 jam terakhir dan pengalaman tidur mereka di malam sebelumnya. 

Para peneliti menemukan bahwa dengan memiliki tambahan jam tidur, para wanita memiliki kecenderungan mengalami peningkatan partisipasi aktivitas seksual dengan pasangan hingga 14 persen. Dengan fakta yang diperoleh tersebut, para peneliti dapat menarik kaitan antara kualitas tidur dengan kualitas bercinta. 

Di samping itu, para peneliti pun menelaah pengaruh tidur terhadap gairah saat bercinta. Para wanita yang tidur lebih lama dibandingkan rata-rata jam tidur mereka akan memiliki kemudahan terkait lubrikasi area vaginal ketika bercinta ketimbang mereka yang kurang tidur. Namun ketika peneliti hanya menganalisa pengaruh tidur singkat terhadap lubrikasi vaginal, mereka menemukan bahwa kurang tidur akan berdampak pada gairah bercinta keesokan harinya. 

Jadi, jika Anda secara rutin tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka kehidupan seks Anda pun bisa-bisa runyam karena Anda tidak cukup bugar untuk bercinta. Selain membuat Anda bugar saat bercinta, tidur yang cukup pun membantu Anda untuk lebih segar saat berolahraga, sehingga tujuan Anda untuk menurunkan berat badan pun dapat segera tercapai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com