Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Usia 50 Tahun Masih Nikmati Seks Layaknya Anak Muda

Kompas.com - 19/03/2015, 21:50 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Seiring bertambahnya usia, tentu fungsi tubuh dan energi mengalami penurunan, hal ini terjadi pada pria dan wanita. Namun, jika bicara urusan hubungan seks, studi mengatakan bahwa pria usia 50 masih merasakan kenikmatan bercinta bak pria berusia 20 tahunan.

Para peneliti di Norwegia mempelajari 1.185 pria dengan kisaran usia 20 hingga 79 tahun. Mereka ditanya mengenai kualitas hubungan seks, hasrat bercinta, kekuatan ereksi dan kemampuan ejakulasi. Para partisipan pria ini juga diminta untuk menilai kenikmatan seksual yang mereka rasakan, mulai dari skala satu hingga empat. Poin empat merepresentasikan kenikmatan hubungan seksual yang sempurna dan nihil masalah.

Hasilnya, rata-rata para partispan menjawab dengan perkiraan skala berikut ini:

1. Pria usia 20-an: 2,79
2. Pria usia 30-an: 2,55
3. Pria usia 40-an: 2,72
4. Pria usia 50-an: 2.72

“Hasil survei menggambarkan bahwa ada hubungan yang kuat antara usia dan stamina seksual seseorang. Namun, usia tidak mempengaruhi kadar nikmat yang mereka rasakan saat dan usai bercinta,” ujar salah satu peneliti, Sophie Fossa dari the Rikshospitalet-Radiumhospitalet Trust in Oslo, Norway.

Sebanyak 86 persen partisipan pria tercatat berstatus menikah. Lalu, sebanyak 57 persen menyatakan bahwa mereka masih aktif melakukan hubungan seksual, setidaknya 30 hari belakangan sebelum menjalankan survei.

Kemudian, Fossa juga mengatakan bahwa kenikmatan yang diperoleh pria usia 20an dan 50an relatif berada pada angka yang sama. Namun, pria usia 30an yang semestinya tengah berada di puncak kehidupan, justru mengaku tidak merasakan puncak kenikmatan saat bercinta.  

Hasil survei ini diuraikan secara detail pada Journal BJU International, jurnal khusus urologi terbitan Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com