Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Negosiasi Gaji Teranyar Ini Bantu Anda Dapatkan Penghasilan Besar

Kompas.com - 23/03/2015, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com --
Tahap negosiasi gaji bisa jadi membingungkan bagi para pelamar kerja. Hasil penelitian terbaru ini mungkin dapat membantu Anda untuk mendapatkan penghasilan sesuai harapan.

Ternyata, kunci dari negosiasi gaji adalah jangan pernah memberikan angka yang pasti. Sebaliknya, berikan kisaran gaji yang Anda inginkan. Saran ini tentunya sangat menyalahi pendapat yang biasanya mengatakan jangan memberikan kisaran karena perusahaan akan mengincar kisaran terendah. Namun, ternyata hasil penelitian terbaru ini justru membantah hal tersebut.

Daniel Ames, rekan penulis penelitian dari Malia Mason di Columbia Business School di New York, memberikan satu contoh kasus. Mason menguraikan, jika Anda menginginkan gaji pada angka Rp 100 juta per tahun, maka yang perlu Anda lakukan adalah memberi kisaran gaji dari Rp 100 juta hingga 120 juta per tahun.

Hasilnya, perusahaan akan menawar lebih tinggi dari 90 ribu dolar. Cara ini dinilai lebih baik, karena pekerja memberi kesempatan dan keterbukaan untuk pihak perusahaan untuk bernegosiasi. 

Penemuan ini telah dipraktekan langsung lewat simulasi negosiasi yang mengikutsertakan perusahaan Amazon Mechanical Turk dan mahasiswa sekolah bisnis. "Jika tujuanmu adalah mendapatkan pekerjaan tanpa kehilangan uang, maka menawar gaji dengan kisaran harga adalah cara terbaik," ujar Ames pada the Wall Street Journal.  

Ames juga menyarankan jangan pernah memberikan suatu kisaran gaji yang terlalu tinggi. Cara tersebut justru menurunkan peluang Anda memperoleh gaji sesuai harapan. 

Bagaimana, sudah siap melakukan negosiasi gaji?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com