Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malas Membersihkan Wajah Sebelum Tidur? Coba Pikir-pikir Lagi

Kompas.com - 23/03/2015, 19:36 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com — Seusai beraktivitas seharian, rasanya pasti ingin langsung beristirahat dan tidur lelap. Alhasil, ritual membersihkan wajah pun terlupakan. Tanpa Anda sadari, kebiasaan tidur dengan wajah yang berlapis make-up membuat kulit jadi kusam, rusak, dan tampak lebih tua.

"Tidur dengan sisa rias wajah bisa berakibat fatal pada kecantikan kulit Anda," ujar dr James C Marotta, ahli bedah plastik wajah dan perawatan kulit.

"Perlu Anda ketahui bahwa malam hari merupakan waktu kulit melakukan proses perbaikan dan penyembuhan. Fase itu berlaku saat Anda sudah tertidur. Jadi, lapisan make-up menyumbat pori-pori dan membuat kulit sulit bernapas," imbuhnya.

Jerawat, kulit belang, kulit kering, keriput, kata dr Marotta, merupakan dampak dari kebiasaan tidur dengan wajah terlapis make-up.

Selain itu, tidak membersihkan wajah sebelum tidur bisa meningkatkan eksploitasi radikal bebas pada kulit. Pasalnya, produk rias wajah umumnya mengandung formula kimia dan bercampur dengan bakteri yang berada di sekeliling Anda selama beraktivitas seharian. "Kondisi ini membuat kulit kekurangan kolagen dan cepat menua," ujarnya.

Bagaimana jika rias wajah yang Anda kenakan hanya maskara? "Anda tetap harus membersihkannya juga," tekan dr Marotta.

Sebab, pulasan maskara yang dibiarkan terlalu lama dapat menyumbat masuknya oksigen ke lipatan mata sehingga menyebabkan iritasi dan inflamasi. Hasilnya, iritasi mata dan infeksi.

Terakhir, dr Marotta sangat merekomendasikan Anda menyediakan waktu 10 hingga 15 menit untuk membersihkan wajah dan mengaplikasikan krim malam secara menyeluruh. Sebab, kulit yang tidak diberikan perawatan akan memperburuk penampilan kulit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com