Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2015, 08:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Ketika berbicara soal kategori penampilan pria, banyak wanita percaya bahwa pria ganteng biasanya memiliki sifat egois. Studi ini berdasarkan penelitian dari Brunel University London, Inggris.

Studi memvalidasi fakta yang mengatakan bahwa pria berpenampilan tampan dan menarik memiliki sifat lebih egois.

Sebenarnya, hasil studi ini bukan yang kali pertama. Sebab, pada tahun 2014 silam, The Medical News Today mempublikasikan kajian yang menyatakan bahwa pria dengan penampilan biasa-biasa saja, memiliki sifat yang lebih baik dan bisa dipercaya.

Para peneliti meneliti tubuh 63 partisipan pria dan 62 partisipan wanita menggunakan teknologi scanner tiga dimensi. Cara ini dianggap paling anyar untuk mengategorikan mana pria atau wanita yang dianggap memikat dan mana yang tidak memikat.

Selanjutnya, seluruh partisipan wanita dan pria diminta mengisi kuesioner yang berisi soal pertanyaan sosial dan kemanusiaan.

Hasilnya, pria yang tergolong ganteng memiliki sifat egois lebih tinggi. Selain itu, mereka cenderung lebih pelit. Para peneliti mengatakan bahwa hasil studi terhadap pria ini tidak sama dengan wanita. Sebab, sifat seorang wanita tidak bisa dipelajari hanya berdasarkan studi penampilan.

Tujuan dari studi ini untuk memastikan teori apakah penampilan seseorang berpengaruh pada karakter dan kepribadian dasar masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com