Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Pria, Wanita yang Tidak Dandan Lebih Menarik

Kompas.com - 25/03/2015, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Bagi seorang wanita, tata rias tidak hanya untuk mempertegas garis wajah, namun juga mempercantik penampilan. Meskipun demikian, ternyata tidak semua pria memandang wanita yang mengenakan tata rias terlihat cantik atau memesona.

Studi yang dilakukan para peneliti dari Bangor University, Inggris, menampilkan foto-foto wanita sebelum dan sesudah mengenakan tata rias. Namun, para partisipan yang mengevaluasi foto-foto tersebut  menyatakan, bahwa wanita terlihat lebih menarik dengan tata rias natural. 

Nah, apa saja alasan pria lebih menyukai wanita yang mengenakan tata rias secara natural dan tidak berlebihan? Berikut penjelasannya. 

1. Menunjukkan Rasa Percaya Diri
Menurut Craig Malkin PhD, instruktur psikologi dari Harvard Medical School, Amerika Serikat, jika seorang wanita merasa bangga menampilkan tata rias yang natural, ini adalah salah satu tanda bahwa ia merasa nyaman dengan dirinya sendiri. "Penelitian juga menunjukkan bahwa rasa percaya diri membuat wanita terlihat lebih seksi," imbuh Malkin.

2. Menunjukkan Kerendahan Hati 
Alex Jones PhD, peneliti psikologi dari Gettysburg College mengungkapkan, orang-orang memandang wajah yang tidak dihiasi tata rias lebih disukai dan dipercaya. Mengapa demikian? "Kemungkinan ini terjadi karena banyak yang mengasosiasikan jika seorang wanita menghabiskan banyak waktu untuk penampilan, tidak berbeda halnya dengan narsisme," sebut Jones. 

3. Lebih Mudah Didekati
Malkin menjelaskan, para pria akan secara alami tertarik pada wanita ketika mereka merasa wanita tersebut fleksibel dan luwes. Wanita yang sibuk sendiri, termasuk mengaplikasikan tata rias yang tebal, terlihat susah untuk didekati. "Wanita yang tidak repot dengan penampilan terlihat seperti orang yang mudah diajak berbincang," kata dia.

4. Kepribadiannya Terpancar 
Seorang mahasiswi bernama Annie Garau melakukan eksperimen yang membuatnya tidak berdandan selama setahun. Garau menemukan, tidak dandan ternyata membantunya memiliki pesona. "Saya belajar untuk bergantung pada kepribadian agar percaya diri. Saya menyukai fakta bahwa saya bisa masuk ke dalam ruangan yang penuh dengan orang asing dan tidak memikirkan penampilan saya, melainkan perilaku saya," jelas Garau. 

5. Terlihat Lugu
Robert Burriss PhD, peneliti psikologi dari Northumbria University, Inggris, mengatakan, orang-orang mengasosiasikan tata rias yang tebal dengan fleksibilitas dalam hal seksual dan kurangnya keluguan. "Pria menilai seorang pasangan jangka panjang dari kurangnya pengalaman seksual dan kesetiaan. Jadi, tata rias natural sering diinterpretasikan sebagai kunci bahwa wanita akan menjadi istri yang baik," papar Burriss. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com