Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini agar Rambut Lebih Sehat dan Mudah Diatur

Kompas.com - 26/03/2015, 09:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Berapa banyak diantara Anda yang malas mengaplikasikan conditioner saat keramas? Tak perlu merasa bersalah, karena pada kenyataanya, banyak perempuan Indonesia yang masih berpikir kalau mengaplikasikan conditioner terpisah saat keramas, tidak praktis. Kebanyakan perempuan mengatakan bahwa mengaplikasikan conditioner  kadang membuang waktu, tidak terlalu diperlukan, dan justru membuat kesan tak bersih karena efek licin yang ditimbulkan setelah mencuci rambut. Hal tersebut juga menjadi topik yang dibahas saat acara Dove Hair Treatment yang digelar di Blue Jasmine, Jakarta (24/3/2015). 

Padahal penggunaan conditioner sangat penting untuk melengkapi fungsi perawatan rambut. Sampo digunakan untuk membersihkan kulit kepala, sedangkan conditioner memiliki fungsi untuk menutrisi dan melembutkan tiap helai rambut. Dalam acara jumpa pers tersebut juga dipraktekan langsung dua jumput rambut yang dikeramas menggunakan sampo saja, dan ditambah conditioner. Hasilnya, rambut yang dikeramas menggunakan sampo dan conditioner, jauh lebih lembut. Terlihat dari jatuhnya rambut saat diberikan dua beban pada sisir sikat. Berbeda pada rambut yang hanya menggunakan sampo saja, rambut tak bergerak sama sekali saat disikat, meski telah ditambah beban. 

Vivi Tri Adari, selaku research and development  PT Unilever Indonesia, Tbk, mengatakan bahwa efek licin pada conditioner sebenarnya sangat umum, dan tak perlu ditakuti. Untuk melihat apakah rambut sudah bersih setelah penggunaan conditioner, Anda bisa melihat langsung air keramas yang berubah bening, serta tak adanya gumpalan conditioner bewarna putih pada rambut. Rambut yang lembut tentunya akan jauh lebih sehat, dan untuk melindungi tiap helainya, penggunaan vitamin sebelum melakukan penataan rambut juga disarankan. Vitamin rambut dapat diaplikasikan saat keadaan rambut dalam kondisi setengah kering, karena air akan membantu cairan vitamin lebih merata pada rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com