Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Loyalitas Pelanggan Dongkrak Keberhasilan Bisnis Ritel

Kompas.com - 27/03/2015, 08:48 WIB
advertorial

Penulis

Keberhasilan ritel  dalam menjaring pelanggan salah satunya diukur dari hasil survei kepuasan konsumen. Tahun ini, Majalah SWA dan Hachiko Consulting kembali melakukan Survey Customer Loyalty untuk menemukan tingkat loyalitas pelanggan terhadap suatu jaringan ritel.

Survei yang merupakan gabungan dari Net Promotor Score (NPS) dan Net Emotional Value (NEV) itu mendeteksi pelanggan yang benar-benar merasa puas terhadap sebuah toko ritel. Mereka yang puas punya kecenderungan melakukan pembelian kembali (repeat purchase), kemudian menjadi promotor sebuah merek. Selain itu, survei NEV juga menemukan pengalaman berbelanja mana yang paling mengesankan sehingga mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan.

Hasil survei itu mengungkapkan salah satu jaringan ritel nasional, Alfamidi, memiliki tingkat loyalitas konsumen yang tinggi. Banyak pelanggan Alfamidi yang bersedia merekomendasikan brand tersebut kepada orang lain. Menurut NPS, tingkat loyalitas konsumen terbukti punya korelasi positif dengan pertumbuhan bisnis dan finansial perusahaan.

Survei  dilakukan pada September–November 2014 dengan menjaring 3.082 responden. Mereka berusia 15-55 tahun, dengan SES A hingga E. Responden berasal dari tujuh kota besar seluruh Indonesia (Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Makasar, Denpasar dan Medan).

Loyalitas pelanggan mengantar Alfamidi memenangkan penghargaan NPS Leader untuk kategori ritel. Alfamidi berhasil menjadi yang paling unggul dibanding kompetitornya pada kategori sejenis.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Chief Editor SWA, Kemal E. Gani, dan Certified Net Promoter Associate dari Hachiko Consulting, Sumardy, kepada Business Development Manager PT Midi Utama Indonesia Tbk, Dody Wijaksono, di Hotel Shang-Rila Jakarta, Rabu (18/2/2015). Hachiko Consulting merupakan Net Promoter Partner yang memegang lisensi NPS di Indonesia.

Dody mengatakan, dengan penghargaan tersebut Alfamidi dapat terus berbenah dalam meningkatkan kualitas pelayanan agar jumlah promotor terus meningkat. Biasanya para promotor akan berbelanja lebih banyak sehingga memberi dampak positif terhadap penjualan.

Ajang penghargaan yang digelar kelima kalinya ini dianugerahkan kepada 47 kategori. Kebanyakan bergerak di bidang telekomunikasi, jasa penerbangan, bank, ritel, asuransi, jasa dan pengiriman.

Para pelaku usaha di bidang service industry itu mendapat berbagai jenis penghargaan. NPS Leader diberikan kepada peraih nilai NPS tertinggi di masing-masing kategori. NPS Excellence, untuk  para peraih nilai NPS di atas 10% selain NPS Leader. NPS Good dianugerahkan kepada peraih nilai NPS kurang dari 10% tapi memiliki nilai positif. NPS Star berhak didapatkan tiga brand peraih nilai NPS tertinggi dari semua kategori. (Adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com