Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Penyebab Usia Produktif Kurang Optimal di Tempat Kerja

Kompas.com - 27/03/2015, 18:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -
Kelompok usia produktif, yakni usia 20-35 tahun, sangat rentan terserang penyakit. Hal ini disebabkan, karena kelompok usia produktif pada umumnya banyak menghabiskan waktu di luar rumah untuk bekerja dan bersosialiasi.

Banyak faktor yang menyebabkan usia kelompok produktif terserang penyakit, khususnya penyakit disebarkan lewat udara, seperti flu dan batuk. Dr. Nusye E. Zamsiar, MS , SpOK, Ketua Umum Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia, dalam acara Saridon White & Black di Intercontinental MidPlaza Hotel, Jakarta, menyebutkan dua faktor penyebab sakit flu dan batuk yang umum yang menyerang usia produktif, diantaranya adalah:

1. Faktor manusia
Biasanya disebabkan oleh kelelahan akibat bekerja, aktifitas lain yang berlebihan, lamanya perjalanan menuju tempat kerja ataupun saat kembali ke rumah, kurang istirahat, pola hidup yang kurang baik, makan tidak teratur, serta jarang berolahraga.

2. Faktor lingkungan kerja
Disebut sebagai sick building syndrome (sbs) penyakit yang mudah tertular, biasanya adalah flu, sakit kepala, iritasi tenggorokan, lemas, batuk, bersin-bersin, dan pilek. 
Udara yang berputar di lingkungan kerja juga sangat berpengaruh pada kesehatan. Khususnya dalam ruangan dingin dengan ventilasi yang minim. Pemeliharaan penyejuk ruangan (AC) serta alas lantai seperti karpet yang kurang baik juga dapat merangsang timbulnya jamur dan bakteri. Dimana kedua kuman ini berpeluang besar menjadi sarang penyakit.

Jadi, tingkatkan daya tahan tubuh dan berhati-hatilah dengan kedua faktor di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com