Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Berada di Tempat Kerja

Kompas.com - 28/03/2015, 09:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -Terserang flu saat menjalankan aktivitas kerja memang jadi menjengkelkan. Selain kondisi tubuh kurang prima, seakan-akan Anda menjadi virus berjalan, karena kerap bersin dan menderita pilek saat jam kerja. Tak dipungkiri juga, rekan kerja kadang sedikit menghindar, karena takut ikut tertular.

Apabila hal ini terjadi, menurut dr Nusye Zamsiar, MS, SpOK, Ketua Umum Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia, dalam acara jumpa pers Saridon Black and White,yang bertempat di Intercontinental Hotel, MidPlaza, Jakarta, (26/3/2015), ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Termasuk untuk meminimalisir pencegahan flu pada rekan kerja Anda.

"Flu adalah penyakit yang ditularkan lewat udara, sehingga dapat dengan mudah dihirup oleh orang lain," jelas dr. Nusye. Sebagai upaya pencegahan, dr Nusye menyarankan cara mudahnya dengan mengenakan pelindung mulut dan hidung atau masker. Selain itu, berusaha meningkatkan daya tahan tubuh bagi penderita flu maupun rekan yang masih sehat juga sangat penting. Pasalnya, jika Anda berada dalam satu ruangan dengan mesin pendingin serta ventilasi yang minim, kemungkinan untuk tertular virus flu semakin tinggi.

Lebih lanjutnya, dr Tina, selaku medical manager Bayer Health Care menambahkan, bahwa cara terbaik untuk menyembuhkan flu sebenarnya adalah dengan istirahat yang cukup dan istirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan. Jika selama tiga hari flu Anda masih belum membaik, ditambah demam dan radang tenggorokan, segera periksakan ke dokter dan jangan memaksakan diri untuk bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com