Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Kepribadian Punya Pengaruh Besar Terhadap Berat Badan

Kompas.com - 28/03/2015, 16:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Switzerland’s Federal Institute of Technology baru saja mempublikasikan hasil penelitian yang menyatakan bahwa tipe kepribadian memiliki pengaruh besar dalam pola makan dan bobot tubuh. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Appetite ini melakukan studi terhadap 1.000 orang dengan membagikan kuisioner terkait kebiasaan makan, pilihan makanan, dan kepribadian. Hasilnya, tipe kepribadian memiliki pengaruh secara langsung dan tak langsung terhadap pilihan makanan serta bobot tubuh.

Kabar yang mengejutkan, bagi Anda para ekstrovert, ternyata memiliki tipe kepribadian terbuka membuat Anda lebih cepat gemuk. Pasalnya, penelitian menemukan tipe kepribadian ekstrovert lebih mudah makan di luar dan lebih banyak bersosialisasi, yang mana berarti akan ada lebih banyak kosumsi makanan manis, asin, daging, dan minuman soda dengan kandungan gula tinggi dibanding makanan saat di rumah.

Lebih lanjutnya, orang yang memiliki kepribadian cepat gelisah cenderung makan berlebih untuk meredam emosi negatifnya. Kemudian orang yang memiliki sifat cenderung pasrah, ikhlas, dan mudah menerima, ternyata lebih banyak memakan buah dan sayur ketimbang daging. Sedangkan orang yang perfeksionis lebih cenderung kurus, karena dapat meredam keinginan terbesar terhadap sebuah makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com