Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2015, 11:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Membaca adalah hobi yang bermanfaat bagi segala usia. Namun sayangnya, mengajarkan si kecil untuk hobi membaca bukanlah hal yang mudah. Jangankan membaca, melihat buku saja kadang membuat anak menjadi malas dan malah mengantuk.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar membaca menjadi aktivitas yang menyenangkan, dan dapat menumbuhkan kecintaan terhadap membaca pada anak. Berikut adalah empat cara mudah yang bisa Anda coba seperti dilansir situs Boldsky:

1. Mulailah dengan buku yang tipis
Jangan mengharapkan anak Anda langsung berminat untuk membaca buku yang tebal. Awalnya, coba tawarkan buku tipis yang berisikan gambar-gambar menarik. Hal tersebut setidaknya dapat menarik minta anak untuk mulai membuka dan memperhatikan isi buku.

2. Tawarkan jenis buku yang disukai
Tak ada salahhnya menawarkan jenis buku yang anak-anak sukai seperti komik bergambar atau cerita dongeng, sebelum Anda secara perlahan menawarkan buku yang lebih dalam seperti ensiklopedia anak. Selain untuk menumbuhkan minat, buku komik dan dongeng sebenarnya memliki perbendaharaan kata yang belum terlalu banyak dan lebih mudah dimengerti oleh anak-anak.

3. Turut berpartisipasi
Jika Anda dapat meluangkan waktu, duduklah bersama anak dan luangkan sejenak waktumembaca bersama. Aktivitas membaca ini jadi jauh lebih menyenangkan bagi anak. Anda juga lebih memiliki waktu berkualitas bersama sang anak.

4. Jangan pernah menghukum anak dengan membaca
Buatlah membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan bagi memori anak. Jangan pernah menghukum anak Anda, dengan cara menyuruhnya membaca. Pastinya, jika Anda menghukum anak dengan cara menyuruhnya membaca dan diberi tenggat waktu, ia tidak akan pernah menyukai buku, dan menggangap kalau membaca adalah aktivitas yang menakutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com