Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2015, 18:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian orang tua, memilih untuk menghabiskan waktu di akhir pekan dengan mengajak buah hati jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau mal. Namun, tidak ada salahnya Anda coba mengajak anak untuk memasak bersama di akhir pekan atau saat liburan tiba. Sebab, kegiatan memasak bersama ternyata dapat meningkatkan ikatan antara orang tua dengan anak.

Menurut Chef Stephen Yophi, sebagai orang tua yang berkarier dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan bekerja, waktu berkualitas bersama buah hati merupakan sebuah kesempatan yang langka. Oleh karena itu, ada baiknya orang tua memiliki kegiatan yang berkualitas untuk menghabiskan waktu secara berkualitas pula dengan anak.

Inilah yang menjadi motivasinya menulis buku Cooking with Kids. Menurut Chef Yophi, memasak bukan hanya membuat sebuah masakan yang enak dan indah. Dengan memasak, anak-anak bisa belajar untuk berimajinasi, berkreasi, dan lebih percaya diri. Dengan menghabiskan waktu dengan memasak bersama anak di akhir pekan, Anda sebagai orangtua pun dapat membahagiakan anak. 

Menurut Yophi, anak-anak tidak hanya membutuhkan barang, namun juga waktu berkualitas bersama orang tua mereka. "Memasak bisa menjadi alternatif waktu berkualitas bersama yang positif karena memberi kesempatan bagi orang tua untuk membagi ilmu, memuji, dan bercanda dengan anak-anak. Yang penting bukan menciptakan makanan sempurna, tetapi menciptakan momen yang indah bersama anak-anak," ujar Chef Yophi pada acara peluncuran buku Cooking with Kids di Toko Buku Gramedia Central Park, Minggu (29/3/2015). 

Chef Yophi menjelaskan, dalam buku yang ditulisnya tersebut, ia menyajikan ragam resep masakan yang mudah, sehingga dapat langsung dipraktikkan bersama anak. Sebab, lanjutnya, anak pun dapat terlibat dalam proses pembuatan masakan asal tak lepas dari pnegawasan serta pendampingan yang baik.

"Kalau anak melakukan sesuatu saat memasak, berilah banyak pujian karena berguna untuk membangun kepercayaan diri mereka. Jangan harapkan hasil masakan yang sempurna, yang penting, menikmati waktu menyenangkan selama di dapur," jelas Chef Yophi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com