Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil Cantik dengan Rambut Pendek, Kenapa Tidak?

Kompas.com - 13/04/2015, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com –-Hobi wanita dalam mengubah penampilan acap kali tidak terbatas hanya pada padu padan busana semata. Salah satu yang paling sering mengalami perubahan adalah gaya rambut.

Tidak hanya rambut panjang, wanita pun dapat tampil cantik dengan gaya rambut pendek. Ternyata, rambut pendek tidak selamanya diasosiasikan dengan kepribadian tomboy, tapi juga terlihat lebih segar dan tampil muda.

"Gaya rambut pendek adalah tren yang marak karena memiliki penampilan yang sangat berbeda dibandingkan rambut panjang. Rambut pendek akan menghasilkan penampilan modern, mudah dirawat, dan chic," ujar Myron Chin, seorang Penata Rambut Senior di John Barrett.

Menurut Chin, ada dua kunci yang harus diperhatikan dalam memiliki gaya rambut pendek bagi wanita, yakni feminin tapi edgy atau sedikit eksentrik. Sebagai acuan, Anda dapat memperhatikan beberapa selebriti wanita yang selama ini tampil begitu memukau dengan gaya rambut pendek, seperti Halle Berry, Lisa Rina, Jennifer Lawrence, Pink, hingga Victoria Beckham.

Sementara itu, Penata Rambut Tresemmé Jeanie Syfu menuturkan, sebaiknya rambut pendek dipotong sedikit untuk dirapikan atau melakukan trimming setiap sebulan sekali. Ini untuk menjaga agar rambut pendek tetap terlihat menarik dan tidak berantakan. Sebab, rambut pendek sangat erat dengan persepsi kebersihan dan kesegaran penampilan.

"Saya suka bahwa rambut pendek sangat mudah dirawat sehari-hari. Akan lebih rapi jika dirapikan setiap sebulan sekali. Namun, setiap wanita memiliki kasus yang berbeda, ada yang melakukan trimming setiap enam minggu dan rambutnya tetap rapi," ujar Syfu.

Selanjutnya, Syfu menyarankan untuk hanya melakukan pemotongan rambut sendiri di rumah pada poni dan tidak keseluruhan mengubah gaya rambut. Untuk gaya rambut pendek, para penata rambut menyarankan untuk menyesuaikannya dengan tekstur rambut dan bukan bentuk wajah. Sebab, rambut pendek cocok untuk bentuk wajah apapun.

Chin menjelaskan, wanita yang memiliki rambut normal dan lurus sebaiknya memiliki potongan rambut yang lebih tumpul agar rambut terlihat lebih tebal dan penuh tanpa perlu memisahkan helai demi helainya. Adapun wanita dengan rambut tebal sebenarnya dapat melakukan hal serupa, namun lebih menonjolkan tekstur.

"Rambut tebal perlu melakukan penteksturan rambut sehingga bentuk rambut seimbang dengan bentuk wajah. Selain itu, krim rambut dan pomade dapat digunakan untuk memisah-misahkan rambut untuk menciptakan tekstur tertentu," jelas Chin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com