Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2015, 14:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber She Knows


KOMPAS.com — Anda penggemar camilan dan menu makanan penutup pasti sangat mengenal cita rasa brownies. Kue cokelat ini sangat populer dengan segala variasi dan pilihan rasa yang tersedia.

"Dalam banyak kesempatan, menyantap kue brownies yang lezat rasanya seperti pulang ke rumah. Sangat lezat, nyaman, menenangkan, sederhana, dan puas," ujar Mary Goldman, seorang pastry chef asal Montreal, Kanada.

Goldman memberikan beberapa kiat bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue brownies di rumah tanpa harus berujung pada kegagalan. Berikut beberapa kiatnya.

Pilih cokelat berkualitas
Goldman menyarankan Anda menggunakan cokelat dan kakao dengan tingkat kemanisan sedang dan menuju pahit. Goldman juga menyarankan, sebaiknya Anda memilih cokelat dengan kualitas yang cukup baik.

Jangan lupa juga untuk mengayak bubuk kakao. Kemudian, ambil dengan menggunakan sendok dan campurkan ke dalam adonan.

Pilih loyang yang tepat
Menurut Goldman, penting untuk memperhatikan ukuran dan bentuk loyang brownies. Pasalnya, kedalaman loyang dan adonan sangat berpengaruh pada rasa dan tekstur kue. Loyang yang dangkal akan membuat brownies menjadi kenyal. Dia merekomendasikan penggunaan loyang aluminium berukuran 7 inci x 11 inci.

Perhatikan warna dan teksturnya
Hindari membuat kue yang terlalu keras dan kering. Nah, sebelum dimasukkan ke dalam loyang, alasi loyang dengan kertas perkamen khusus untuk kue. "Ini akan menjaga bagian dasar kue tetap sempurna dan tidak gosong," ujar Goldman.

Kenali resep
"Kunci membuat brownies yang sempurna adalah latihan. Sangat sulit untuk memastikan brownies sudah matang. Jadi, pastikan Anda mematuhi resep atau sering-sering latihan," sebut Goldman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com