Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busana Olahraga Bisa Sebabkan Gatal di Selangkangan

Kompas.com - 17/04/2015, 14:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Rasa gatal yang mendera area sekitar selangkangan, pastinya membuat Anda merasa tidak nyaman. Selain sulit untuk berjalan atau bergerak, rasa gatal ini juga membuat Anda tidak percaya diri dalam berbusana. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Pertama, Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebab timbulnya rasa gatal di area selangkangan. Rasa gatal tersebut dapat disebabkan gesekan saat sedang berjalan, berlari, olahraga, atau bisa juga dikarenakan celana yang Anda kenakan terlalu ketat. Akhirnya, kulit pun menjadi sensitif dan menimbulkan gatal.

"Untuk mengatasinya, Anda dapat mengaplikasikan krim protektif yang mampu bekerja dengan baik melindungi kulit Anda. Banyak pelari maupun pesepeda menggunakan ini. Aplikasikan di pagi hari akan sangat baik," ujar Dr Allison Hanlon, dermatolog dari Nashville, Tennessee, Amerika Serikat.

Selain itu, gatal pun dapat ditimbulkan akibat keringat berlebih di area selangkangan. Kelembaban dapat mengikis lapisan teratas kulit, sehingga kulit menjadi gatal, terasa perih, hingga iritasi. Untuk mengatasinya, gunakan bedak untuk melindungi kulit dari perspirasi. Aplikasikan secara tipis-tipis sebelum beraktivitas di pagi hari.

Untuk perlindungan secara total, Anda juga dapat mengaplikasikan antiperspiran berbentuk roll pada area-area sensitif, seperti selangkangan maupun ketiak.

Busana olahraga yang kurang tepat, baik secara material dan ukuran, bisa membuat kulit merasa gatal, khususnya pada area selangkangan akibat banyaknya gerakan saat olahraga.

"Celana yang terlalu pas pada tubuh akan menjebak kelembaban dan membuat kulit iritasi," sebut Hanlon.

Hanlon menyarankan, ada baiknya Anda menggilir sesi latihan Anda, misalnya "istirahat" dari latihan yang mendorong kerja bagian bawah tubuh selama beberapa hari agar selangkangan dapat pulih dari rasa gatal. "Selain itu, kenakan busana yang lembut dan berbahan katun ringan di pagi dan siang hari, serta kenakan piyama katun saat tidur di malam hari," kata Dr Kavita Mariwalla, dokter bedah kulit di Stony Brook Hospital, New York City.

Apabila rasa gatal sudah semakin parah dan berlangsung lama, ada baiknya Anda segera menemui dokter. Sebab, yang ditakutkan adalah rasa gatal tersebut merupakan indikasi gangguan kesehatan yang lebih parah, misalnya kanker atau masalah kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com