Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berat Badan Naik, Wanita Jadi Lebih “Gila” Belanja

Kompas.com - 18/04/2015, 21:22 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis


KOMPAS.com –-
Bagaimana wanita sangat gemar shopping atau belanja, sudah bukan rahasia lagi. Ini terbukti bahwa presentasi pengunjung wanita lebih tinggi ketimbang pria.

Namun, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah pemicu impulsif yang membuat wanita tidak segan melayangkan sejumlah uang untuk rangkaian koleksi mode teranyar?

Sebuah survei yang dipublikasikan dalam Journal of Consumer Psyschology membeberkan, wanita yang merasa tidak percaya diri karena berat badan melonjak, ditemukan jadi lebih royal saat berbelanja.

Ternyata, kenyataan bahwa ukuran celana meningkat dua angka, menyebabkan wanita butuh alternatif lain untuk merasa lebih cantik.

Oleh karena itu, mereka mengalokasikan dana belanja yang lebih banyak pada produk make up dan aksesori. Tujuannya untuk membuat penampilan tetap terlihat memikat meskipun tubuh sedang menggemuk.

Kondisi seperti ini tidak juga semerta-merta dikategorikan sebagai kecanduan belanja. Menurut Olivia Mellan dan Sherry Christie, penulis Overcoming Overspending: A Winning Plan for Spender and their Partners, wanita selalu ingin merasa cantik dan menarik. Salah satu caranya adalah mereka selalu memberikan “kompensasi” pada diri sendiri untuk mencapai tujuan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com