Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2015, 10:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Kaum pria memiliki pendapat yang berbeda tentang gambaran wanita yang ideal. Mereka memandang penampilan di atas segalanya, tetapi tidak jarang pula mendahulukan kepribadian dan sifat wanita ketika mendeskripsikan kesempurnaan.

Banyak penelitian ilmiah yang digelar untuk mengetahui aspek yang membuat seorang wanita dipandang menarik. Mengutip situs TheRichest, berikut lima hal yang dianggap menarik dari seorang wanita.

1. Tangan yang panjang
Kedengarannya aneh, tetapi beberapa pria memandang wanita lebih menarik jika memiliki tangan yang panjang. University of New South Wales, Australia, mengadakan studi guna menemukan hal yang menarik dari seorang wanita.

Para peneliti menemukan bahwa tangan yang panjang adalah salah satu penentu kecantikan bagi para responden. Wanita dengan tangan yang panjang dianggap lebih menarik ketimbang kaki yang panjang maupun wajah yang simetris.

2. Tertawa
Para pria pun memandang bahwa wanita yang tertawa berarti senantiasa bahagia dan faktor ini dianggap menarik oleh mereka. Wanita yang tertawa karena lelucon yang dilontarkan oleh pria membuat pria merasa lebih baik dan menyukai si wanita tersebut.

Menurut penelitian, Anda akan lebih tertarik kepada seseorang yang membuat Anda merasa diterima dan baik terhadap diri sendiri. Selain itu, studi juga menyatakan bahwa Anda sebenarnya tidak jatuh cinta kepada seseorang, lebih kepada bagaimana ia membuat Anda bahagia.

3. Rambut panjang dan sehat
Rambut sehat sering kali diasosiasikan dengan ukuran panjang. Sebab, rambut yang sehat dipandang mampu tumbuh lebih panjang dan berkilau. Ketika rambut dapat tumbuh panjang dan terlihat berkilau, ini adalah indikasi tubuh Anda juga sehat dan subur.

Pria menganggap wanita yang memiliki rambut panjang dan sehat sebagai wanita yang mampu merawat diri. Anda pun dapat mengonsumsi vitamin untuk memperbaiki kesehatan rambut dan tubuh Anda.

4. Mata yang lebar
Studi ilmiah menyebutkan bahwa pria senang melihat wanita yang memiliki sepasang mata lebar. Mata lebar dipandang mengingatkan pada masa kanak-kanak dan kepolosan yang memunculkan insting untuk melindungi.

Selain itu, mata yang lebar juga sering kali disandingkan dengan dagu yang kecil. Ini membuat mata terlihat lebih besar dan wajah lebih menarik. Karakter ini menyiratkan feminitas dan fertilitas.

5. Bokong besar dan pinggang kecil
Kedua karakter ini sangat populer dan ternyata ada penjelasan ilmiah tentang ini. Rasio pinggul ke pinggang adalah pengukuran ukuran pinggang wanita dibandingkan dengan ukuran pinggulnya. Pinggul yang besar dan pinggang yang kecil mengindikasikan wanita memiliki tubuh yang baik untuk melahirkan dan membesarkan anak.

Studi ilmiah telah menyatakan bahwa rasio pinggul-pinggang yang sempurna adalah 7:10. Meski masyarakat sempat memandang wanita langsing lebih memikat, pandangan ini telah beralih ke unsur estetika yang lebih tradisional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com