Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Perilaku di Meja Kerja Berisiko Rusak Postur Tubuh

Kompas.com - 28/04/2015, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Anda yang bekerja di kantor memang sulit menghindari aktivitas duduk sepanjang hari di balik meja kerja Anda. Perlu Anda sadari bahwa ternyata perilaku di meja kerja tersebut perlahan mampu merusak postur tubuh Anda. Perilaku apa sajakah yang dimaksud?

Menurut Nikkita Hope Brown, seorang personal trainer dan pendiri perusahaan Fitness Free, Hot, and Happy, postur tubuh yang buruk karena aktivitas di meja kerja sebenarnya lebih banyak disebabkan duduk terlalu lama. Tetap berada pada posisi yang sama sepanjang hari
menyebabkan beberapa otot tertentu menjadi kencang. Ini diperburuk dengan tidak adanya waktu untuk memperbaiki kencangnya otot tersebut.

"Cobalah bangkit dari kursi dan berjalan-jalan setiap setengah jam dan regangkan otot dada Anda ketika duduk dengan cara menempatkan tangan di belakang dan dorong ke atas," ujar Brown.

Brown memaparkan, posisi duduk yang buruk menyebabkan nyeri dan sakit. Rasa nyeri tersebut dapat diterjemahkan sebagai indikasi ada yang salah dalam tubuh Anda. Seiring berjalan waktu, kondisi ini menjadi kronis. Di samping itu, posisi duduk yang salah akan meningkatkan risiko cedera, bahkan ketika melakukan aktivitas harian yang sederhana.

Permasalahan lainnya yang dapat memicu postur tubuh yang bermasalah adalah posisi meja kerja Anda. Jika meja terlalu tinggi, Anda akan mengangkat bahu Anda untuk menjangkau keyboard komputer. Selain itu, layar monitor komputer pun tidak akan terpusat pada level penglihatan Anda sehingga Anda harus menunduk atau mendekatkan kepala ke monitor.

"Penting untuk memilih kursi yang menopang Anda dengan baik. Ketika Anda duduk, goyangkan bokong ke bagian belakang kursi dan posisikan tubuh dengan lembut hingga abdomen menyentuh meja. Monitor komputer Anda harus sejajar dengan level penglihatan dan tepat berada di depan Anda. Pastikan telepon berada di dekat jangkauan sehingga Anda tidak perlu memutar tubuh untuk mengangkat telepon," kata Brown.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com