Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapakah Usia Minimal untuk Lakukan Bedah Plastik?

Kompas.com - 01/06/2015, 09:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -
Operasi atau bedah plastik untuk estetika wajah, kini kian digemari akibat standar kecantikan yang semakin meningkat. Tuntutan gaya hidup, membuat sebagian orang akhirnya memutuskan untuk mempercantik dirinya dengan cara yang lebih instan. Meski tak ada peraturan tertulis, baiknya perlu juga diperhatikan usia minimum yang dianjurkan para ahli saat melakukan hal ini.

Lewat wawancara Kompas Female bersama spesialis bedah plastik, dr Teuku Adifitrian yang dikenal juga sebagai dr Tompi, diketahui usia minimum untuk pasien yang ingin melakukan tindakan bedah plastik "Sebenarnya syarat utama adalah pasien sudah cukup dewasa untuk tahu apa keinginanya untuk dapat mengambil langkah yang matang," ujar dokter Tompi.

Faktor emosional menjadi salah satu hal paling penting untuk memutuskan prosedur operasi plastik. "Usia 14 tahun keatas paling minimal jika dari pertimbangan emosional," jelas dr Tompi. Sedangkan untuk pertimbangan fisik, dr Tompi menjelaskan bahwa tubuh dan wajah akan terus mengalami pertumbuhan hingga mencapai usia tertentu. 

"Tulang bertambah besar, wajah juga mengalami perubahan karena adanya pertumbuhan rangka," tambahnya lagi. Menurut dr Tompi, pada usia 14 tahun beberapa daerah tulang wajah memiliki kecenderungan berubah bentuk, kemudian pada usia 17 tahun biasanya seluruh bagian wajah menemukan bentuk yang pasti, hingga mulai berkurangnya perubahan saat memasuki usia 21 tahun. Di usia ini, bagian wajah hanya mengalami sedikit perubahan. Jadi saat berusia 14 sampai 17 tahun ini, menurut dr Tompi, pengubahan wajah dengan cara operasi atau bedah plastik sudah dapat dilakukan.

Dokter Tompi sendiri mengaku, rata-rata pasien yang mendatanginya telah berusia di atas 17 tahun dan dewasa. Apabila memang ada yang berusia di bawah 17 tahun, dr Tompi mewajibkan adanya pendampingan dari orangtua. "Biasanya orangtua hanya mendukung dan memberi support. Tapi tetap saya tanyakan kembali, apakah keinginan perubahan bentuk wajah dengan operasi atau bedah plastik ini memang keinginan sang anak, bukan keinginan orang-orang lain di sekitarnya," ujar dr Tompi. 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com