Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2015, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Waktu kecil, sebagian dari kita yang sudah dewasa mengenal buku harian. Namun, anak-anak di masa kini rasanya sudah agak asing dengan kebiasaan menulis buku harian. Sebagai orangtua, tidak ada salahnya Anda kembali menghidupkan budaya menulis buku harian dan mengajarkannya kembali kepada anak.

Mengutip situs SheKnows.com, menulis buku harian ternyata memberikan dampak positif bagi perkembangan buah hati Anda. Berikut setidaknya empat alasan mengapa anak sebaiknya menulis buku harian.

1. Melatih kemampuan menulis
Baik menulis buku harian dengan tangan atau secara elektronik, kebiasaan ini secara langsung dapat melatih kemampuan anak dalam menulis. Sebab, anak harus memikirkan apa yang akan diangkatnya dalam buku harian. Apabila anak merasa sulit menemukan topik untuk ditulis dalam buku harian, bantulah dengan memberi masukan tentang topik sederhana, seperti perjalanan Anda dan dia ke kebun binatang atau ke museum di akhir pekan atau berikan jadwal kapan ia harus menulis.

2. Mendorong kreativitas dan ekspresi diri
Anak dapat memanfaatkan buku harian untuk menulis deskripsi tentang hal yang disukainya atau menuangkan perasaannya. Perlu dipahami bahwa buku harian juga mampu menjadi sarana untuk mengekspresikan diri tanpa batas dan mendorong kreativitas anak. Buku harian juga dapat membantu anak menggapai dunia di luar dengan kepercayaan diri yang lebih besar.

3. Membantu proses belajar
Perlu dipahami bahwa proses belajar tidak hanya secara kontekstual, namun juga gradual. Anak dapat menguasai ilmu dan keterampilan dengan bantuan orang lain di sekitarnya membangun lingkungan yang mendukung. Menulis buku harian dapat membantu anak untuk belajar pula dengan menulis apa yang telah dipelajarinya ke dalam buku harian.

4. Mendorong refleksi diri
Orang-orang yang sukses biasanya memiliki satu kesamaan, yakni mereka secara berkesinambungan melihat kembali tindakan mereka di masa lalu. Menilik kembali perilaku memungkinkan mereka untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, dan menyesuaikan perilaku di masa mendatang. Menulis buku harian membantu anak untuk merefleksikan diri. Salah satunya mengenai capaian akademik di sekolah. Misalnya saja, mata pelajaran apa yang ingin diperbaiki nilainya dan apa alasannya ingin diperbaiki.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com