Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Perancis Pilih “Skincare” ketimbang Kosmetika

Kompas.com - 09/07/2015, 14:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis


KOMPAS.com –
Trendi, cantik, dan modern, kira-kira demikianlah gambaran sosok seorang wanita Perancis kekinian. Mereka tak hanya cerdas dalam berbusana, tetapi mereka juga pintar dalam merias diri. Ternyata, rahasia cantik para wanita dari kapital mode tersebut bukan pada pilihan produk rias wajah terbaik, tetapi perawatan kulit yang berkualitas tinggi.

Pada buku terbarunya yang bertajuk The French Beauty Solution, Mathilde Thomas, yang lahir dan besar di Perancis dan telah bertahun-tahun bermukim di Amerika Serikat, menuliskan bahwa wanita Perancis rela menghabiskan banyak uang untuk perawatan kulit dibandingkan membeli produk kosmetika.

“Wanita Perancis memandang kecantikan dan fashion sebagai gaya hidup bukan sekadar atribut,” tulis Thomas.

Selain itu, wanita Perancis selalu “taat” pada waktu makan. Jadi, saat waktu makan tiba, mereka akan menikmati setiap detik yang tercipta. Kemudian, ritual relaksasi dengan memanjakan diri juga merupakan prioritas dalam agenda sosial kaum hawa di sana.

Beberapa produk perawatan kulit yang wajib dimiliki oleh mereka adalah pembersih wajah, baik cleansing maupun toning. Memang benar bahwa kenyataannya tidak ada wanita Perancis yang bersedia keluar rumah tanpa sentuhan make up di wajah, tetapi mereka sangat memahami bahwa kulit yang sehat lebih penting daripada bersembunyi di balik lapisan bedak dan lipstik.

Thomas juga menuturkan bahwa salah satu pesan yang paling sering dilontarkan para ibu di Perancis pada putrinya adalah nasihat tentang merawat kulit dengan baik.

Masker wajah dan scrubs, kata Thomas, merupakan dua ritual kecantikan wajib yang jarang dilupakan wanita di Perancis. Pasalnya, mereka yakin bahwa rutin merawat wajah dengan masker, ampuh dalam mempertahankan cahaya alami kulit terutama saat musim dingin.

Pada bukunya ini, Thomas juga menguraikan sejumlah resep produk perawatan kulit dari bahan-bahan alamiah yang terbukti secara ilmiah memberikan efek positif pada kecantikan wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com