Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambut Susah Diatur Bisa Jadi karena “Catokan” Anda Kotor

Kompas.com - 12/07/2015, 20:06 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com – Perawatan rutin hair spa atau creambath, sudah Anda lakukan setidaknya dua kali dalam satu bulan. Sampo yang Anda gunakan juga sudah dari merek berkualitas terbaik. Selain itu, Anda juga rajin melakukan perawatan rambut dengan bahan-bahan alami di rumah. Lalu, mengapa rambut masih juga susah di atur dan bermasalah?

Mungkin saja kesalahannya bukan pada jenis dan produk perawatan rambut pilihan Anda. Bisa jadi alat penata rambut Anda yang menjadi biang masalah. Jika benar, mengapa demikian?

Alat pelurus rambut atau catokan sudah biasa dimanfaatkan oleh sebagian besar wanita yang mawas akan penampilan mereka. Sifatnya yang tidak memakan waktu dan praktis, membuat catokan jadi favorit banyak wanita di dunia ini. Sekarang, pertanyaannya adalah apakah Anda rajin membersihkan catokan yang setiap hari Anda gunakan tersebut?

Menurut Jo Robertson, Head of UK & Republic of Ireland Education dari Good Hair Day, mengatakan bahwa bahan keramik pada alat pelurus rambut bisa menjadi tempat bermuaranya kotoran dan debu. Selain itu, sisa residu dari produk perawatan rambut dari hairspray dan minyak, bisa mempengaruhi fungsi dari alat pelurus rambut Anda. Kondisi ini membuat rambut Anda jadi sulit diatur dan menyebabkan masalah lainnya.

“Usai meluruskan rambut, letakkan alat pelurus rambut Anda di atas sebuah kain empuk dalam keadaan terbuka. Cara ini efektif dalam menurunkan suhu panas secara perlahan,” ujar Robertson.

Kemudian, setelah alat pelurus rambut Anda kembali pada suhu normal, saran Robertson, jangan langsung melilitkan kabel untuk kemudian Anda simpan di kotak atau lemari. Pasalnya, melilit kabel alat di tubuh alat pelurus rambut bisa membuat “usia” alat tersebut cepat rusak.

“Untuk membersihkan alat pelurus rambut, gunakan kain yang empuk dan lembut untuk kemudian disapukan di permukaan keramik. Bisa juga menggunakan tisu basah. Pastikan, jangan pernah membersihkannya dengan air,” urainya.

Cara serupa, kata Robertson, juga berlaku dalam membersihkan sisir. Sebab, membersihkan alat penata rambut dengan air hanya akan membuat kotoran dan debu susah terangkat.

“Bersihkan alat-alat penataan rambut Anda, setidaknya dua kali dalam satu bulan,” pungkas Robertson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com