Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Cantik, Racikan Air Beras Jadikan Kulit Wajah Lebih Cerah dan Lembut

Kompas.com - 14/07/2015, 08:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com –- Air beras sudah dimanfaatkan oleh banyak wanita semenjak zaman nenek moyang dahulu, untuk mencerahkan kulit wajah secara alami. Selain itu, manfaat air beras juga ampuh membuat kulit wajah Anda bebas jerawat dan tidak kusam.

Di tengah invasi banyaknya teknologi serta terobosan anyar di ranah kecantikan, ternyata perawatan alamiah masih menjadi andalan. Salah satu yang paling digemari oleh banyak wanita karena terbukti efektif adalah air beras.

Harga untuk melakukan perawatan air beras ini terbilang paling terjangkau di dunia. Sekarang ini, resep kecantikan yang berasal dari Asia ini tengah menjadi buah bibir karena manfaatnya yang efektif untuk mencerahkan warna kulit wanita. Berikut uraian selengkapnya:

Air beras untuk membersihkan wajah

Air beras mengandung vitamin B,C,E, dan mineral. Komposisi ini ampuh untuk mengurangi pori-pori, melembutkan, dan membuat kulit lebih cerah. Selain itu, komposisi tersebut juga bisa melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari. Bagaimana cara membuat air beras untuk pembersih kulit?

1. Sediakan setengah mangkuk beras putih berukuran medium
2. Rendam beras dengan air kran dalam takaran secukupnya pada mangkuk yang terbuat dari  kaca
3. Tutup mangkuk berisi beras dan air itu selama 15 menit
4. Selanjutnya, saring air dari mangkuk letakkan pada wadah lain yang bersih. Lalu, oleskan air beras pada wajah Anda sembari dipijit ringan selama satu menit.
5. Terakhir, cuci wajah dengan air hingga bersih.

Aturan mendiamkan air beras selama 15 menit, tujuannya agar vitamin dan mineral dalam beras terserap secara menyeluruh. Pada saat Anda mengoleskannya pada wajah sembari dipijat, Anda akan merasakan kulit lebih halus dan lembut.

Simpanlah sisa air beras dalam wadah tertutup dalam lemari es untuk digunakan kembali. Namun, ingat, waktu maksimal penyimpanan air beras hanya lima hari.

Air beras untuk rambut
Menggunakan air beras sebagai masker rambut berkhasial untuk melembutkan rambut sehingga mudah diatur.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com