Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Kreatif Membuat Boneka "Superhero" Datangkan Keuntungan

Kompas.com - 29/07/2015, 09:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Penggemar tokoh pahlawan pembela kebenaran masa kini atau superhero seperti Marvel pasti sadar bahwa tak ada boneka wanita superhero yang beredar di pasaran. Bahkan aktor Mark Ruffalo yang berperan sebagai Hulk pun mempertanyakan merchandise superhero Black Widow, tokoh yang diperankan Scarlett Johansson dalam film Marvel's The Avengers, mengapa tidak dijual di pasaran. Padahal sosok superhero, bagi sebagian anak kecil adalah sosok idola mereka.

Mengakali tak dijualnya merchandise, khususnya boneka superhero wanita, seorang ibu bernama Rebecca Millar asal Melbourne, Asutralia, akhirnya memutuskan untuk membuat sendiri boneka superhero wanita bagi anaknya. "Saya punya anak perempuan berusia tiga tahun, Abigail yang sangat suka dengan karakter pahlawan di filmThe Avengers," ujar Millar pada HelloGiggles. "Ia punya semua karakter boneka action figures, dan ia mulai meminta padaku sebuah boneka karakter Black Widow," tukas Millar.

Millar mengaku awalnya ia sempat keliling toko mencari boneka karakter Black Widow, namun tak menemukannya. Hingga akhirnya ia melihat situs penjualan online di mana harga boneka yang dibanderol terbilang luar biasa mahal. "Harga termurah adalah 80 dollar AS (setara dengan Rp 1 juta rupiah lebih), belum termasuk harga konversi dan ditambah ongkos kirim. Saya tak dapat menghabiskan uang sebanyak itu hanya untuk sebuah boneka," cerita Millar.

Akhirnya Millar memutuskan untuk membuat boneka Black Widow sendiri setelah melihat action figure karakter Thor dan boneka berambut merah. Millar memang sempat putus asa saat pertama mencoba, "Saya menyerah menjahit baju boneka. Jadi saya melihat tutorial via internet tentang cara melukis sebuah boneka. Hingga akhirnya saya mengubahnya menjadi karakter Black Widow."

Sejak saat itu, Millar gemar mempraktikan keterampilannya dan telah membuat 30 boneka superhero wanita serta mengunggahnya lewat media sosial Facebook. Mulai dari karakter Gamora di film Guardians Of The Galaxy, Agent Scully dari film serial The X-Files, Dax dari tokoh film terkenal Star Trek dan masih banyak lainnya.

Millar menerima banyak komentar dan respon positif mengenai boneka buatannya. Tapi tak jarang pula yang mencela. "Banyak yang berkomentar mengenai bentuk tubuh boneka buatan saya, terutama celah paha yang cukup lebar. Jadi saya ingin mengingatkan pada semua orang bahwa bukan saya yang membuat tubuh bonekanya, saya hanya melukis dan memoles karakternya," terang Millar.

Selain itu, Millar menyarankan pada para ibu, tak ada salahnya melukis boneka bersama sang anak jika tak mendapatkan apa yang diinginkan. Selain menyenangkan tentunya memberi pelajaran kreatif dan membuka imajinasi anak dengan mudah. "Kadang Abigail memberi boneka-boneka ini dengan nama. Kemungkinan kami ingin mulai memasarkan beberapa boneka kreasi saya dan Abigail untuk dapat berkreasi membuat karakter boneka lainnya lagi," tutup Millar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com