Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Selfie" Dalam Ruang Ganti Jadi Tren Belanja Gaya Baru

Kompas.com - 05/08/2015, 14:12 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com -
Tren selfie di dalam ruang ganti busana saat ini memang sedang merebak dan ternyata menurut penelitian terbaru, tren ini juga dapat mempengaruhi keputusan belanja seseorang. Penelitian  mengungkapkan bahwa saat ini waktu berbelanja busana naik menjadi dua kali lipat lamanya yaitu 31 menit dibanding sebelumnya yang hanya membutuhkan waktu sekitar 16 menit.


Hal tersebut terjadi lantaran, banyak orang yang berpose selfie kemudian mengunggahnya ke media sosial dan menunggu komentar atau respon "like" dari para kerabat hingga akhirnya diputuskan untuk membeli busana yang dicoba.

Penelitian yang dilakukan oleh Shopa, menunjukan bahwa wanita kini memerlukan setidaknya dua "likes" untuk foto selfie yang diambil di ruang ganti dan diunggah ke media sosial. Sementara berbeda halnya dengan para pria yang memerlukan empat respon "likes" sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan untuk busana yang dibeli. Bahkan sebanyak 28 persen penduduk Inggris kini memerlukan waktu dua jam lebih untuk belanja busana langsung karena adanya dampak dari social fitting room tersebut.

Psikologis yang berfokus pada perilaku, dr. Linda Ppadopoulos mengatakan, "Hasil ini sebenarnya tak mengejutkan. Meskipun belanja secara online sekarang sedang populer dan merajalela, masih banyak dari kita yang bergantung dengan persetujuan teman-teman ketika memilih busana atau aksesori terbaru." 

Menurutnya kemudahan berbagi visual lewat media sosial, membuat seseorang menantikan kepastian serta penerimaan yang berasal dari orang lain. "Tak mengejutkan jika sebagian orang sampai menunggu dua jam untuk mendapatkan "persetujuan" dari media sosial, sebelum akhirnya membeli sebuah busana," ujar rr. Papadopoulos.

Jadi kini Anda cukup tahu, mengapa banyak yang betah berlama-lama berada di dalam ruang ganti busana saat berbelanja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com