Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2015, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Menghapus riasan wajah, seperti misalnya maskara maupun lipstik, seringkali menjadi rutinitas yang menjengkelkan sekaligus melelahkan. Bagaimana tidak, riasan mata kerap sulit dihapus, lengket dan menempel. Selain itu, apabila dihapus dengan cara sedikit dipaksa dan dengan memberikan tekanan, maka biasanya akan meninggalkan noda kemerahan pada kulit.

Ternyata  ada cara mudah dan aman dalam menghapus riasan wajah yang membandel, yakni dengan menggunakan produk minyak pembersih atau cleansing oil. Namun, jangan pesimis dulu, sebab biasanya orang mengasosiasikan produk berbasis minyak dengan penyumbatan pori-pori dan pemicu timbulnya jerawat.

"Produk cleansing oil secara khusus diformulasikan untuk menghilangkan dah membersihkan kotoran pada kulit sekaligus memberikan lapisan minyak pelembap untuk menghindari risiko iritasi kulit," jelas dr Julia Tzu, seorang dermatolog asal New York, Amerika Serikat. 

Selanjutnya, dr Tzu menyatakan bahwa tidak sedikit wanita yang memutuskan untuk menghapus riasan wajah mereka dengan minyak zaitun atau minyak lainnya yang biasa digunakan untuk memasak. Akan tetapi, menurutnya perlu diingat bahwa minyak tersebut tidak diciptakan secara spesifik untuk perawatan kulit. Sebaliknya, cleansing oil memiliki fungsi yang sama dengan produk pembersih wajah lainnya. Caranya, cukup pijatkan pada wajah dan bilas dengan air. 

Oleh sebab itu, dr Tzu menyarankan agar Anda mulai mengganti produk pembersih wajah Anda dengan cleansing oil. Apa sebabnya? "Busa dan sabun pembersih umumnya mengandung kadar surfaktan yang lebih tinggi untuk menghapus riasan dan mengangkat kotoran dari kulit Anda," ujar dr Tzu.

Produk cleansing oil, lanjut dr Tzu, mampu menjaga agar kulit wajah tetap lembap sekaligus membersihkan kulit dari riasan dan kotoran yang menempel. Selain itu, cleansing oil juga tidak menyebabkan iritasi, khususnya bagi kulit yang sensitif. Tanpa produk pemersih, maka sisa produk riasan atau kecantikan yang menempel pada kulit akan menyebabkan penyumbatan pori-pori. 

"Cleansing oil lebih lembut pada kulit. Akan tetapi, produk ini akan menghapus riasan wajah yang paling sulit sekalipun. Setiap jenis kulit dapat menggunakan produk cleansing oil, tidak terkecuali kulit berminyak," tutur Tati Westbrook, seorang penata rias profesional. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com