Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Membersihkan Wajah dengan Kapas Tidak Benar

Kompas.com - 16/08/2015, 16:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Salah satu cara mempertahankan kecantikan kulit adalah jangan tidur dengan sisa riasan wajah. Nah, biasanya banyak wanita membersihkan wajah mereka dengan bantuan kapas. Namun. ternyata kebiasaan ini bukanlah kebiasaan yang benar.

Menurut Nur, team leader Wardah Cosmetics pada sesi Wardah Make Up Tutorial dalam acara Dan+Dan 2nd Anniversary di Depok Town Square, Jumat (15/8/2015), ada baiknya Anda membersihkan wajah dengan minyak zaitun atau milk cleanser. Selain mampu membersihkan kulit, kedua produk ini pun terbukti mampu melembabkan kulit.

"Bersihkan dengan milk cleanser, lalu angkat dengan tisu. Dalam mengangkat milk cleanser tidak disarankan menggunakan kapas. Alasannya, saat melakukan gerakan rotasi ringan, pori-pori akan terbuka. Kapas biasanya sering menempel pada pori-pori saat itu," ujar Nur.

Oleh sebab itu, Nur menjelaskan langkah pembersihan wajah dengan milk cleanser adalah melakukan gerakan pijatan ringan menggunakan tiga jari dari bawah ke atas. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan agar kulit wajah lebih kenyal dan tidak mengendur.

"Angkat milk cleanser yang masih bersisa di area wajah sampai bersih. Tidak disarankan dengan kapas. Saya menyarankan mengangkat milk cleanser menggunakan tisu atau waslap. Angkat sampai tidak ada milk cleanser yang tersisa di wajah," jelas Nur.

Langkah selanjutnya adalah setelah mengaplikasikan milk cleanser, jangan langsung membersihkan wajah dengan cairan toner. Menurut Nur, selama ini ada kebiasaan yang salah namun kerap dilakukan oleh para wanita. Biasanya, langkah pembersihan setelah mengaplikasikan milk cleanser adalah mencuci wajah dengan sabun pembersih. Padahal, urutan perawatan itu ternyata salah.

"Setelah menggunakan milk cleanser, jangan langsung memakai toner. Langkah yang benar adalah menggunakan milk cleanser, lalu cuci wajah dengan sabun pembersih, lalu pakai toner atau penyegar. Cairan penyegar ini berfungsi untuk menyegarkan pori-pori wajah," jelas Nur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com