Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2015, 08:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Meski penggemar batu akik lebih didominasi kaum pria, tak sedikit juga wanita yang menggemari ragam batu akik. Bahkan, selebriti kelas dunia seperti Victoria Beckham juga penah mengunggah kekagumannya terhadap batu akik moonstone (Biduri Bulan) yang dibuat menjadi cincin pada akun Instagram-nya.

Sama seperti pria, kolektor batu akik wanita umumnya mengoleksi batu akik atas dasar keindahan jenis batu akik tersebut. Tak hanya itu, beberapa detail lainnya ternyata menjadi pertimbangan wanita saat memilih batu akik mana yang akan dimiliki. 

Kompas Female saat berkunjung ke salah satu tempat pengrajin batu akik ternama di Kebumen, Jawa Tengah, Badar Besi, bertanya kepada salah satu pengrajin. Sidarto, seorang pengrajin batu akik mengutarakan apa saja ciri-ciri batu akik yang digemari oleh para wanita. Sidarto menjelaskan bahwa warna batu biasanya yang paling dipertimbangkan wanita saat membeli batu akik.

"Biasanya kalau wanita lebih suka batu akik yang warnanya transparan atau warna-warna cerah," terang Sidarto. Selain warna, Sidarto mengungkapkan, kalau pembeli batu akik wanita umumnya menyukai motif yang dianggap dapat disesuaikan dengan busana.

"Mereka (pembeli wanita) yang lebih peduli pada gaya dan penampilan, biasanya memilih batu akik yang disesuaikan. Misalnya saat gemar mengenakan busana batik, maka dicarilah batu yang warna dan motifnya mendekati busana tersebut," tambah Sidarto. Selain menjadi cincin, pembeli batu akik wanita juga kerap memesan batu akik untuk dijadikan aksesori berupa giwang, kalung, atau pun bros yang disematkan.

Beberapa pelanggan bahkan sengaja membeli bingkai bros dan meminta Sidarto untuk memasangkan batu akik kegemarannya ke dalam bingkai tersebut. Harga yang dibanderol untuk biaya pemasangan batu akik ke dalam bingkai bros, giwang, atau cincin dimulai dari Rp 30.000 rupiah. Anda tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com