Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Hadir Boneka yang Memiliki Siklus Menstruasi

Kompas.com - 26/09/2015, 19:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Boneka Barbie merupakan salah satu mainan yang paling digemari oleh banyak anak perempuan di seluruh dunia. Tidak hanya cantik, Barbie pun memiliki beragam busana yang modis dan dapat menjadi panutan anak-anak untuk selalu tampil cantik dan feminin. Namun, kadang penampilan boneka Barbie dinilai terlalu berlebihan dan memberikan citra tubuh yang buruk bagi anak-anak.

Oleh sebab itu, kini hadir boneka serupa Barbie yang dinamakan Lammily. Berbeda dengan Barbie, boneka Lammily menampilkan proporsi tubuh yang proporsional layaknya wanita pada umumnya. Lammily pun ditampilkan memiliki selulit pada tubuhnya. Setelah selulit, kini Lammily pun hadir dengan siklus menstruasi.

Boneka Lammily kini dilengkapi dengan perangkat terpisah bernama Period Party seharga 10 dollar AS atau setara Rp 140.600. Perangkat siklus menstruasi ini dijelaskan merupakan sebuah cara mudah dan menyenangkan untuk menjelaskan siklus menstruasi kepada anak-anak.

Nickolay Lamm, pencipta Lammily, menyatakan bahwa ia ingin masyarakat memulai pembicaraan tentang siklus menstruasi dan menghilangkan stigma negatif tentang topik tersebut. "Inilah yang terjadi di kehidupan nyata. Kami ingin menyertakannya dalam sebuah boneka sehingga tidak lagi menjadi hal yang menakutkan," terang Lamm.

Dalam perangkat terpisah tersebut disertakan pula pamflet edukatif yang menjelaskan tentang apa yang terjadi pada saat mengalami menstruasi. Perangkat ini dilengkapi dengan sebuah celana dalam boneka, 19 pembalut berwarna, kalender, dan stiker untuk menandai siklus menstruasi.

Lamm pertama kali menciptakan boneka Lammily pada tahun 2014 silam. Boneka ini hadir dengan menampilkan hal-hal yang selama ini tidak ditampilkan pada boneka, seperti selulit, bintik-bintik pada wajah, jerawat, bekas luka, hingga tahi lalat. Dengan kata lain, Lamm berusaha mendobrak anggapan bahwa wanita harus tampil cantik dan sempurna.

Boneka Lammily seringkali dijuluki sebagai "Barbie Versi Normal" karena penampilan tubuhnya yang begitu normal seperti wanita lainnya. Boneka ini menampilkan figur seorang wanita muda berusia 19 tahun. Boneka ini dijual dengan harga 25 dollar AS atau setara Rp 365.000 dengan tambahan 7 dollar AS atau Rp 102.200 untuk setiap busana dan aksesori pelengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com