Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Momen Cuci Piring sebagai Meditasi yang Menenangkan

Kompas.com - 30/09/2015, 20:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com –- Seharian beraktivitas di dalam kantor, bertemu klien, dan menjalankan bisnis, hal terakhir yang ingin Anda lakukan sesampainya di rumah adalah mencuci piring. Jujur saja, jika bisa, Anda akan menciptakan ragam alasan demi terhindar dari membersihkan piring dan gelas bekas pakai di rumah.

Sebenarnya, sikap tersebut bisa jadi keliru. Pasalnya, sebuah penelitian di Florida State University, menjelaskan bahwa kegiatan mencuci piring bisa menciptakan pikiran yang tenang, hitung-hitung sebagai momen meditasi setelah seharian lelah bekerja.

Para peneliti melibatkan 51 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Pada kelompok pertama, responden diminta untuk mencuci piring dan menikmati semua proses yang terjadi, mulai dari aroma sabun pencuci dan bunyi gemericik air. Ternyata, hal-hal tersebut bisa menjadi meditasi pikiran yang menciptakan rasa tenang.

Lalu, kelompok kedua, responden di minta untuk mencuci piring terburu-buru, tanpa menikmati berbagai hal seperti yang dilakukan oleh kelompok pertama.

Studi yang dipublikasikan oleh The Wall Street Journal ini menuangkan hasil laporan yang menyatakan bahwa rasa panik dan lelah pada responden di kelompok pertama menurun hingga 27 persen. Sementara itu, responden kelompok kedua, tidak mengalami perubahan, mereka tetap merasa kelelahan dan tidak bisa tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com