Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2015, 08:11 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis


KOMPAS.com - Penampilan adalah cerminan diri bagi para wanita. Tak jarang mereka sibuk memadu-padankan pakaian dan membutuhkan waktu lama sebelum pergi.

Wajar saja. Semakin baik penampilan, semakin besar pula percaya diri yang disandang. Hal ini juga yang berlaku saat wawancara kerja.

Sesi wawancara merupakan waktunya meninggalkan kesan pertama. Tampil modis bisa menjadi nilai lebih di mata calon perusahaan.

Tentu saja, menyiasati penampilan untuk menghadapi wawancara kerja tidak sulit jika tahu triknya. Berikut beberapa tips mix and match yang bisa Anda jadikan panduan:

1. Gaya berpakaian

Jangan takut "tampil" saat wawancara asal sesuai dengan budaya perusahaan. Anda bisa pilih kemeja sebagai alternatif netral untuk berbagai macam lingkungan kantor.

Anda bisa memadukan kemeja tersebut dengan celana bahan atau rok model pensil. Pilih pakaian yang pas di badan agar terhindari dari kesan berantakan.

2. Hindari terlalu kasual

Kedewasaan juga dinilai ketika wawancara. Hindari memakai kaos, jins, dan atribut yang biasa digunakan ketika kuliah.

Anda bisa memilih sepatu kets atau kemeja model flannel jika ingin menampilkan kesan kasual. Mengenakan pakaian apa pun pastikan Anda mengutamakan kerapian.

3. Padu padan warna

Busana berwarna cerah tidak "haram" dikenakan. Anda bisa memasangkan atasan berwarna kuning dengan rok atau atau celana hitam, misalnya.

Pilih warna berbeda namun senada, seperti warna coklat dan krem. Pintar memilih warna akan menggambarkan kepribadian Anda, karena setiap warna memiliki arti tersendiri. (Baca juga: Psikologi dan Arti Warna).

4. Pilihan aksesori

Aksesori bisa menjadi pemanis atau membuat penampilan malah berantakan. Karena itu, sesuaikan aksesori dengan gaya pakaian Anda.

Sah-sah saja Anda memakai kalung dan gelang jika hanya mengenakan kemeja polos. Namun, bila busana bercorak ramai dan warna-warni, sepatutnya tinggalkan saja aksesori di rumah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com