Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Sukses Karya Biyan Wanaatmadja Terus Harum Selama 30 Tahun

Kompas.com - 13/11/2015, 06:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Tak terasa, Biyan Wanaatmadja telah berkarya di ranah mode Tanah Air selama 30 tahun.

Ketika banyak perancang busana yang datang dan pergi, tapi nama Biyan semakin matang dan berjaya di kancah mode Indonesia.

Tak berlebihan rasanya jika Biyan disebuh sebagai salah satu legenda yang masih aktif berkarya mengharumkan nama bangsa, tak hanya di dalam negeri, tapi juga skala internasional.

Berani beradaptasi pada perubahan merupakan kunci sukses eksistensi Biyan. Sebab, profesi yang berkaitan dengan inspirasi dan kreativitas memang membutuhkan inovasi yang seiring dengan perkembangan zaman.

"Setiap musim selalu ada yang diperbarui, dikembangkan, ditambah, dikurangi, atau dipadupadankan," ujar Biyan, saat jumpa media sebelum pergelaran busana tunggal untuk lini Studio 133 Biyan, di The Dharmawangsa Hotel, Rabu (11/11/2015).

Bagi Biyan, sangat penting menciptakan karya yang selalu segar setiap musim untuk wanita Indonesia yang aktif dalam keseharian. 

Setiap koleksi busananya, kata Biyan, harus memiliki pesona wanita Indonesia asli yang berwawasan global.

Lalu, Biyan sempat bercerita bahwa tak jaran klien lamanya datang kembali bersama sang anak yang mengenakan gaun yang pernah dibuat oleh Biyan dahulu.

Melihat anak kliennya mengenakan gaun karya lamanya, Biyan mengaku takjub. Sebab, itu bukti bahwa karyanya tak terlibas oleh waktu.

"Betapa pentingnya menciptakan efek long lasting, klasik, kontemporer," terangnya.

Setiap perancang busana, saran Biyan, harus memiliki kemauan untuk terus belajar menghargai perkembangan zaman.

Sebab, perubahan dan mampu beradaptasi terbukti membawa Biyan terus bertahan selama lebih kurang tiga dasawarsa di pentas mode Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com