Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2015, 14:51 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com – Kehadiran pori-pori besar di wajah sangatlah mengganggu penampilan.

Pasalnya, pori-pori kulit yang besar dan dipenuhi rambut halus cenderung sulit untuk ditutupi dengan alas bedak terbaik sekalipun.

Tak sedikit wanita yang melakukan banyak cara untuk mengecilkan dan menghilangkan pori-pori kulit wajah. Namun, apakah Anda pernah mencoba dengan cara natural?

Berikut beberapa bahan-bahan alami yang ampuh mengecilkan pori-pori di kulit wajah:

1. Ketimun
Ketimun dingin efektif mengecilkan pori-pori. Untuk meningkatkan efektivitasnya, cobalah rendam ketimun dengan air mawar.

2. Putih telur
Masker putih telur juga dapat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori berukuran besar di wajah. Setelah mengering dan mengencang, bilas masker putih telur hingga bersih.

3. Pepaya
Tak hanya baik untuk pencernaan, pepaya juga bermanfaat bagi kulit. Caranya, lumatkan pepaya menjadi pasta, dan aplikasikan ke wajah. Usai 20 menit, bilas wajah hingga bersih.

4. Tomat
Untuk menggunakan tomat sebagai masker ada dua cara yang dapat digunakan, yakni membuat tomat menjadi berbentuk pasta atau diiris tipis dan langsung ditempel di bagian wajah.

5. Pasta almon
Kacang almon yang kaya akan vitamin E memiliki manfaat untuk kulit wajah, termasuk mengurangi besar pori-pori. Caranya rendam segenggam almon dengan susu di malam hari.

Kemudian, pagi harinya, aplikasian almon yang telah berubah menjadi pasta pada wajah sebagai masker.  

6. Madu dan gula
Gosok perlahan campuran madu dengan gula ke wajah. Selain mengangkat kulit mati, gula dan madu juga memiliki kandungan nutrisi yang menghaluskan wajah dan meminimalisir ukuran pori-pori di wajah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com