Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2015, 19:08 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – “Teng teng teng…”. Bunyi lonceng dan jejak kereta pacu sinterklas mendekat. Anak-anak segera tidur.

Sebelumnya, mereka menggantung kaus kaki di pohon natal yang berada dekat dengan sudut perapian. Saat tengah malam tiba, sinterklas masuk lewat cerobong asap rumah. Mengisi kaus kaki dengan kado-kado sesuai doa dan harapannya.

Begitulah mitos mengenai malam natal yang jamak diingat oleh banyak orang. Kisah sinterklas memberi kado, meskipun fiktif, tetap menjadi memori manis di kepala anak-anak.  Untuk melestarikannya, pemberian kado saat natal pun menjadi budaya tersendiri.

Apa saja serba-serbi persiapan kado natal? Simak ulasannya.

Perencanaan hadiah

Dari persiapan lainnya, pencarian kado bisa jadi yang tersulit karena menguras waktu. Agar mendapatan kado yang tepat untuk anggota keluarga, cobalah perhatikan hobi mereka. Selain itu, pikirkan juga kepribadiannya.

Sebagai cotoh, Anda bisa memberikan peralatan masak baru untuk Ibu di rumah. Cara lainnya, tanyakan langsung apakah orang yang akan diberi kado memiliki wishlist atau cari tahu tentang apa yang membuatnya senang.

Buat daftar

Agar tidak klebihan anggaran dan menguras kantong, buatlah daftar belanja kado dan persiapan anggarannya. Jika sudah punya gambaran, Anda juga bisa mencari kado-kado tersebut dari jauh-jauh hari.

Namun, saat momen hari raya seperti natal, biasanya beberapa pusat perbelanjaan menwarkan diskon besar. Cobalah memanfaatkan momen itu agar anggaran tepat guna.

Belanja online

Tak bisa dimungkiri, pusat perbelanjaan pasti ramai saat ada momen hari raya dan disertai dengan liburan akhir tahun seperti itu. Sebagai alternaif, Anda bisa memanfaatkan ponsel dan internet untuk berbelanja online.

Selain praktis, belanja online terasa lebih efektif karena  penawaran harga produk satu ke produk yang lainnya bisa dibandingkan. Cari saja yang sesuai anggaran.

Yang terpenting, carilah situs belanja terpercaya. Bukalapak.com misalnya, situs belanja yang menjamin keamanan transaksi baik bagi penual maupun pembeli dengan jaminan 100 persen uang kembali bisa menjadi referensi Anda.

Jangan lupa, lihat juga testimoni dari para pengguna. Terakhir, pastikan pengirimannya tepat waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com