Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Dia Belahan Jiwa Anda atau Bukan, Begini Cara Cari Tahunya

Kompas.com - 28/01/2016, 16:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Pasangan yang sedang menjalani hubungan serius pasti memiliki pertanyaan dalam hati, "Apakah benar dia belahan jiwa yang selama ini Anda cari?". 

Mencari pasangan untuk setia bersama  hingga maut memisahkan bukan hal yang mudah, tapi  bukan berarti Anda tidak dapat mengetahuinya.

Menurut penulis sekaligus konsultan hubungan, Jordan Gray, yang telah mewawancarai pasangan menikah selama 20 sampai 60 tahun, cara mengetahui apakah pasangan Anda sekarang adalah belahan jiwa Anda sangat mudah, yakni bertanyalah pada orang terdekat Anda.

"Teman dekat dan anggota keluarga Anda memang bukan Anda, tetapi mereka memiliki pandangan yang cukup baik mengenai siapa Anda. Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan jika orang terdekat Anda sebenarnya tahu diri Anda lebih baik dibanding Anda sendiri," ungkap Gray.

Sementara itu, Franklin Veaux, penulis dari More Than Two: A Practical Guide to Ethical Polyamory mengatakan bahwa ada cara lain untuk tahu apakah pasangan Anda adalah seorang belahan jiwa Anda.

"Belahan jiwa secara sederhana adalah orang yang dapat membuat Anda menjadi versi diri Anda yang terbaik, begitu pula sebaliknya. Lupakan semua hal yang Anda baca di novel romantis dan film komedi yang bercerita tentang malaikat yang bernyanyi, atau kupu-kupu dalam perut Anda. Semua itu jarang terjadi dan itu dapat mengarahkan Anda pada hal yang salah," ungkap Veaux. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com